Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGGUNA NARKOTIK USIA PRODUKTIF

Selasa, 01 April 2014 Umum
TEMANGGUNG, Pengguna narkotika rata-rata usia produktif, yaitu sekitar umur 30 tahun termasuk didalamnya pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, diharapkan kepada generasi muda hendaknya jangan sampai terjerumus menggunakan narkoba karena berdampak negative bagi kesehatan serta merusak masa depan.
     Hal itu dikemukakan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah Kombes Pol Soetarmono saat bertatap muka dengan jajaran dan pemangku kepentingan  masalah narkoba di temanggung baru-baru ini (24/3). Dia  mengatakan Jawa Tengah menduduki posisi terbesar ke tiga terhadap penyalagunaan narkotika dengan jumlah pengguna jenis sabu terbanyak setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Yang memprihatinkan, pengguna narkotika rata-rata usia produktif, yaitu sekitar umur 30 tahun. Selain itu pelajar dan mahasiswa.
     Diungkapkan secara nasional, sampai saat ini jumlah pecandu narkotika yang tercatat mencapai 1,9 persen jumlah penduduk atau sekitar 3,6 juta jiwa, diproyeksikan pada 2015 nanti jumlah pecandu narkotika meningkat menjadi 5,1 juta jiwa. Kehadiran BNNK untuk lebih menekan lagi, penyalagunaan narkoba, dan semua pihak bisa terlibat aktif dalam pencegahan peredaran obat terlarang.
     Terkait dengan  keberadaan Badan Narkotika Nasional Kabupaten  memiliki peran strategis  untuk menekan peredaran dan pengguna narkotika. Di Jawa Tengah ada  beberapa Kabupaten/ Kota yang belum memiliki. Daerah tersebut diantaranya, Solo, Salatiga, Tegal, Banyumas, Purwokerto dan Wonosobo. Diharapkan pada tahun 2014 ini daerah rawan narkotika sudah punya BNNK. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait