Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UJIAN NASIONAL SLTA LANCAR

Rabu, 16 April 2014 Pendidikan
TEMANGGUNG, Bupati Mulyadi Bambang Sukarno memantau pelaksanaan Ujian Nasional  (UN) tahun 2014 tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Selasa (15/4). Sekolah  yang ditinjau  meliputi SMA Negeri 1 Temanggung, SMK Negeri 2 Temanggung, SMA PGRI Temanggung dan MAN Temanggung.  Pemantauan didampingi Asisten Ekbang dan Kesra Suyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temangung Ujiono dan pejabat terkait.
     Bupati mengatakan, pemantaun bertujuan untuk mengetahui langsung pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SLTA  tahun 2014.  Dari 4 (empat) sekolah  yang ditinjau, pelaksanaan Ujian Nasional secara umum berjalan lancar. semua unsur penyelenggara maupun peserta  sudah mempersiapkan secara maksmimal sehingga  tidak dijumpai kendala maupun  hambatan.
     Kepada para siswa diharapkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin supaya bisa mengerjakan  soal-soal ujian dengan baik.  Hasil akhir Ujian Nasional SMA dan SMK tahun 2014 ini, nantinya akan dievaluasi  dan  diharapkan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun 2013 silam, tandasnya.
    Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Ujiono menjelaskan Ujian Nasional SLTA berlangsung Selama tiga hari  mulai Senin hingga Kamis 14 s/d 16 April 2014. UN diikuti 5.905 siswa SMA dan sederajat berlangsung di 50 sekolah setingkat SLTA serta paket C. Peserta ujian nasional tahun 2014 terdiri dari SMA/MA sebanyak 2395 siswa, SMK diikuti 3030 siswa dan paket C diikuti 482 siswa. Sedang ujian nasional Paket C digelar di SMP Negeri 6 Temanggung, namun waktunya pukul 13.00 WIB.
     Diutarakan, kelima puluh SLTA yang menjadi penyelenggara UN masing-masing sebanyak 13 SMAN/SMA Swasta, 22 SMKN/SMKS, serta 14 MAN/MAS.
Materi UN yang diujikan untuk SMA,  Bahasa Indonesia, Beologi, Matematika, Inggris dan Kimia (IPA). Kemudian Bahasia Indonesia, Geografi, Matematika, Bahasa Ingrris dan Ekonomi (IPS). Sedangkan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Matematika, Antropologi dan Bahasa Inggris (Program Bahasa).
     Untuk SMA LB materinya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Untuk MA materi UN meliputi Bahasa Indonesia, Hadis, Matematika, Fiqih, Bahasa Ingrris, dan Tafsir. Sementara SMK adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Ingriis dan ujian teori kejuruan. Untuk paket C meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, dan Ekonomi.
     Anggaran biaya penyelenggaraan UN pada 2014 ini, sebesar Rp 464.310.000. Namun dana sebesar itu hanya cukup untuk membiayai pelaksanaan UN bagi 675 ruang. Sementara jumlah ruang sebanyak 851 ruang, yakni 144 ruang untuk UN SMA, 171 ruang (SMK) dan 536 (SMP). Sehingga kekurangan biaya untuk 176 ruang sisanya terpaksa diambilkan APBD II. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait