Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SALURAN AIR PUTUS DITERJANG BANJIR

Rabu, 16 April 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Saluran air bersih milik masyarakat Desa Kuwadungan Gunung Kecamatan Kledung putus  diterjang banjir Sabtu petang kemarin (12/4). Akibatnya warga kesulitan mendapatkan air dan untuk mencukupi terpaksa memanfaatkan muntahan air dari pipa yang putus.
     Kades Kuwadungan Gunung, Kledung, Slamet Grombol mengakui, banjir bandang yang melanda Desa Kuwadungan Gunung, terutama Dusun Gunungsari itu menyebabkan tanggul  kali Sibiting sibiting jebol. Akibatnya luapan air mengalir deras menerjang infrastruktur jalan dan pemukiman  serta jaringan pipa air bersih milik warga. Kerusakan pipa tersebut menyebabkan pasokan air ke rumah warga macet total. Akibatnya, warga memanfaatkan  air yang masih mengalir dari sisa pipa yang putus tersebut.
     Sumiyati (30), salah seorang warga Dusun Gunungsari Desa Kuwadungan Gunung, Kledung, mengatakan, akibat kerusakan saluran air tersebut untuk mencuci piring dan baju terpaksa memanfaatkan air pada pipa yang putus. Sebelum rusak, tuturnya, tak perlu jauh-jauh membawa pakaian kotor di sini (pipa air) untuk mencuci ataupun untuk keperluan masak di rumah, sebab hampir semua rumah warga teraliri air bersih. Jumlah warga desa Kuwadungan Gunung secara keseluruhan bisa mencapai 200 rumah lebih yang tidak teraliri air ke rumah. Pasalnya, warga mengandalkan sumber air dari kawasan Sibiting. Ia berharap kerusakan pipa jaringan segera diperbaiki supaya kebutuhan air bisa lancar kembali. (Hms14/Edy Laks).

Berita Terkait