Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

RITUAL TUMPENG JELANG TANAM TEMBAKAU

Senin, 21 April 2014 Umum
TEMANGGUNG, Menjelang musim tanam tembakau para petani di Desa Tlahab Kecamatan Kledung Minggu kemarin (20/4) menggelar ritual seribu tumpeng nasi kuning. Ritual selain untuk selamatan dimulainya penanaman tembakau di lahan, sekaligus sebagai  ungkapan rasa syukur warga pada karunia Tuhan Yang Maha Esa dan tolak balak terhadap mara bahaya yang mengancam.
     Panitia penyelenggara, Muhajir mengemukakan tradisi seribu tumpeng telah sekitar dua dasawarsa tidak digelar di desa yang berada di kaki gunung Sumbing dan Sindoro tersebut, karena suatu hal. Kini kembali dihidupkan oleh generasi muda, dengan pertimbangan penggalian dan mewariskan kearifan lokal.
     Dikatakan, tradisi seribu tumpeng kuning merupakan warisan leluhur yang dahulu rutin digelar. Namun lebih dari dua dasawarsa terakhir, tidak digelar dengan berbagai alasan sehingga seakan menghilang. Dikemukakan, besar harapan dengan dihidupkan tradisi ini, warga menjadi tersadar ada kekuatan Adikuasa dan warga bisa mengendalikan diri dengan tidak serakah pada alam. Sebab keserakahan hanya menimbulkan bencana seperti banjir dan kekeringan terjadi sebagai dampak penggalian lahan menjadi tambang pasir. (Hms14/ Edy Laks )

Berita Terkait