Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SAMPAH DIOLAH MENJADI KOMPOS

Rabu, 23 April 2014 Umum
TEMANGGUNG, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Temanggung mengolah sampah sisa pembersihan perawatan taman-taman dan pohon peneduh menjadi kompos . Selanjutnya kompos digunakan untuk memupuk tanaman.
     Kasie Pertamanan, Bidang Tata Kota, DPU Temanggung, Senin (21/4) dikantornya menjelaskan sisa pembersihan taman-taman yang ada di seluruh Temanggung dan sisa hasil perawatan pohon-pohon peneduh yang dipangkas diolah menjadi kompos. Proses pengolahan dilakukan di  rumah kompos. Tumpukan kayu, daun, dan juga rerumputan masih mampu diolah dan menghasilkan produk baru yang bermanfaat menjadi pupuk tanaman.
     Diutarakan, Sampah-sampah sekitar 3 meter kubik yang masuk setiap harinya ini, akan diproses melalui beberapa tahap. Pertama-tama adalah proses pemilihan sampah menjadi organik dan anorganik. Sampah organik sendiri yang terdiri dari rumput, dedaunan, dan kayu akan masuk klasifikasi organik yang siap diolah di tempat ini. Sedang sampah anorganik seperti plastik, dikumpulkan dan dikirim ke TPA Sanggrahan, Kranggan untuk diolah sendiri menjadi produk selain kompos.
     Proses selanjutnya adalah pencacahan yang akan menghasilkan sampah dalam ukuran lebih kecil, setelah itu tahap penguraian dalam bak-bak penampungan dicampur dengan IM 4 dan kotoran ternak sebagai proses fermentasi.Tahap terakhir penampungan dalam bak-bak khusus dan akan ditimbun selama 21 satu supaya siap untuk digunakan, setelah tahap pengayaan. Produk pupuk kompos yang telah jadi ini di gunakan kembali untuk perawatan taman-taman. (Hms14/Edy Laks )

Berita Terkait