Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENDIDIKAN KARAKTER PENTING

Senin, 05 Mei 2014 Pendidikan
TEMANGGUNG, Guna  membentuk karakter siswa-siswi menjadi pribadi yang disiplin, jujur, toleran, tertib, patuh dan peduli, menumbuhkan kebersamaan, kekeluargaan, saling menghormati serta menumbuhkan kreativitas spontan yang positif, siswa siswi SMK Negeri Tembarak Temanggung mendapat pendidikan karakter.
     Kepala SMK Tembarak Suratman dikantornya Rabu (30/4) mengatakan, dalam penyelenggaraan pendidikan karakter pihaknya bekerjasama dengan TNI dari Barak Militer Bantir, Sumowono, dengan pelatih anggota Armed XI Magelang. Melalui pendidikan karakter  diharapkan peserta didik  memilki rasa kebangsaan, nasionalisme, kedisiplinan dan tata krama dalam kehidupan keseharian terutama dalam bidang pendidikan di sekolah. Kegiatan itu semata untuk membekali siswa agar memiliki soft skill. Bagi siswa yang dinyatakan berhasil mengikuti kegiatan ini akan memperoleh sertifikat dan nilainya akan dipertimbangkan untuk memperoleh nilai pada salah satu kompetensi dasar yang relevan dengan mata pelajaran PKN.
     “Tidak dapat dipungkiri kemajuan tekhnologi selain membawa nilai positif juga bisa berimplikasi negatif terutama dalam arus transformasi budaya. Oleh karena itu, jika tidak difilter sejak dini bisa berakibat buruk pula pada mental generasi bangsa,” tandasnya.
     Instruktur pelatihan Serda Yandi mengatakan, materi yang diberikan antara lain, pembentukan karakter tentang kepatuhan, ketertiban, kepedulian, kejujuran dan toleran. Kemudian materi tentang nasionalisme, renungan malam, baris berbaris, dan lomba kreativitas. Para siswa pun mengikuti semua kegiatan ala tentara ini. Pendidikan berorientasi untuk penanaman pendidikan karakter agar siswa mempunyai rasa nasionalisme dan kedisiplinan. Manfaatnya agar siswa terhindar dari kegiatan tidak bermanfaat, tidak terjebak dalam penggunaan narkoba atau tawuran. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait