Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PERBAKIN HALAU KERA LIAR

Senin, 05 Mei 2014 Umum
TEMANGGUNG, Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Temanggung selama beberapa hari terkahir ini mengadakan bakti sosial menghalau kera-kera liar yang menyerang tanaman pertanian di Desa Petarangan Kecamatan Kledung. Hal itu dilakukan agar kera kembali ke habitatnya masuk hutan lindung dan tidak memangsa tanaman milik petani.
      Wakil Ketua Perbakin Temanggung, Haryo Dewandono Selasa (29/4) mengatakan Perbakin tergerak untuk membantu warga menghalau kera setelah mendapat laporan dari warga. Untuk tujuan itu, anggota Perbakin Temanggung terlibat. Mereka berjaga di luar pemukiman warga atau di lereng Gunung Sumbing tempat kera biasanya melintas. Tembakan tidak diarahkan untuk membunuh, namun menghalau agar kera kembali ke habitatnya masuk hutan lindung. Keberadaan kera ke lahan pertanian dan pemukiman telah meresahkan warga.
     Sebagaimana diketahui kelompok kera liar, belakangan ini turun gunung, masuk perkampungan dan merusak lahan pertanian milik warga Desa Petarangan Kecamatan Kledung Temanggung.   
     Menurut warga, serangan kera telah sering kali dirasakan warga, terutama pada musim kemarau. Selama ini warga menghalaunya secara tradisional. Warga tidak berani membunuhnya karena ada kearifan lokal yang melarangnya. Oleh karena itu, meminta bantuan Perbakin untuk menghalau saja. Disamping itu agar kera-kera tidak turun ke kampung warga juga getol menanam aneka pohon buah di lereng Sumbing, yang diharapkan buah itu bisa menjadi sumber makanan. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait