Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WARGA SINDORO JANGAN TERPENGARUH ISU

Rabu, 07 Mei 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Warga masayarakat yang tinggal di lereng gunung sindoro jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggungjawab mengenai status gunung. Hingga saat ini status gunung Sindoro masih normal, meski gunung api lain seperti Merapi dan Slamet mengalami peningkatan aktifitas sehingga statusnya dinaikkan ke level waspada dan siaga.
     Permintaan itu disampaikan  Kepala Pos Pengamat Gunung Berapi Sindoro- Sumbing di Desa Gentingsari Kecamatan Bansari, Yuli Rakhmatullah, Selasa (6/5). Diutarakan aktivitas Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Wonosobo masih tetap normal. Masyarakat jangan terpengaruh isu tidak ada peningkatan aktivitas kegempaan baik tektonik dan vulkanik.
     Dia membantah pemberitaan dari media massa yang menyebut adanya peningkatan aktivitas Gunung Sindoro. Memang sempat ada peningkatan kegempaan, yakni pada 8 Maret 2014 lalu, namun setelah itu turun kembali. Kegempaan dalam satu hari intensitasnya satu atau dua kali dan itu terekam di pos pengamatan.
     Ditambahkan, pendakian di Gunung Sindoro tetap dibuka, tetapi pihaknya merekomendasikan agar pendaki tidak mendekati bibir kawah Jolotundo dalam jarak dekat. Sebab, mengeluarkan gas beracun yang bila terhirup bisa menyebabkan kematian. Dijelaskan, bahaya gunung berapi ini terkadang muncul-munculnya tiba-tiba meski didahului berbagai tanda. Misalnya, gempa-gempa skala kecil secara terus menerus. Agus mengingatkan, para pendaki tak diperkenankan berada di air hangat (panas). Sebab di tempat tersebut merupakan sumber gas. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait