Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

100 BIKSU MENGAMBIL AIR SUCI DIUMBUL JUMPRIT

Jumat, 16 Mei 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Sekitar 100 biksu/biksuni Budha dari berbagai majlis dan sangha di seluruh Indonesia, bahkan perwakilan Budha dari luar negeri secara bergantian mengambil air suci dalam rangkaian prosesi peringatan Tri Suci Waisak 2558 tahun 2014, Selasa (13/05) di kawasan umbul Jumprit Kecamatan Ngadirejo, Temanggung.
     Wakil Ketua Panitia Pengambilan Air Berkah di Umbul Jumprit, Martinus Nata menyebutkan, para biksu dan biksuni  dalam prosesi pengambilan air berkah di  Jumprit pada peringatan Tri Suci Waisak 2558 BE Tahun 2014 ini cukup banyak dibandingkan  tahun silam.
     Menurut  Martinus, pengambilan air suci Waisak di Jumprit tahun ini sebanyak 12.000 botol.  Diutarakan, pengambilan tersebut sudah dilakukan sejak, Senin (12/05/2014)." Sekarang  hanya pengambilan air berkah dalam botol oleh para biksu dan pemberkatan di Umbul Jumprit,"  jelasnya.
     Sementara Wakil Ketua DPP Walubi Indonesia, Karuna Murdaya, disela-sela pengambilan air  suci di Jumprit, mengatakan, tradisi umat Budha menggunakan air sebagai sarana peribadatan  diawali oleh Sang Budha Gotama saat memasuki kota Vesali yang kala itu dilanda wabah  penyakit berat dan aneh hingga banyak yang meninggal dunia.(Hms14/Paul)

Berita Terkait