Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SUNGAI GALEH DITANGGUL

Selasa, 20 Mei 2014 Umum
TEMANGGUNG, Guna mengurangi ganasnya terjangan banjir di alur sungai galeh, TNI, Polri dan warga bergotong-royong membuat tanggul di lingkungan Sidorejo Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan Temanggung.
     Bakti sosial TNI Polri disambut gembira oleh warga, karena dengan dibuat tanggul pengaman banjir tidak melimpas masuk kampung. Sunarko salah seorang warga Jum’at (16/5) mengatakan banjir di Kali Galeh yang terjadi beberapa waktu lalu merusak sedikitnya 1,5 hektar sawah dan sejumlah rumah yang ada di dekat alur sungai di Kelurahan Parakan Kauman. Untuk itu diperlukan penanggulangan melebarnya aliran sungai ini, yakni dengan pembuatan tanggul.
     Dikemukakan, upaya tersebut bukan untuk memindahkan aliran sungai, tetapi berusaha mengembalikan aliran sungai seperti sedia kala. Aliran itu, yakni agar aliran utama tetap di sebelah selatan bukan di sebelah utara seperti saat ini. Sebab aliran di sebelah utara hanya irigasi kecil. Besarnya aliran utama disisi utara, terangnya,
Udidoyo (43) menambahkan sejak 1999, banjir di kali Galeh terus menggerus lahan pertanian dan tebing yang ada di desanya. Sehingga sedikitnya sawah milik warga seluas satu hektar dan tanah bengkok sekitar 3000 meter hilang diterjang banjir.
     “Maka dengan adanya pembangunan tanggul ini diharapkan bisa mengamankan lingkungan pemukiman warga dari terjangan banjir, termasuk juga mengamankan areal pertanian,“ ujarnya. (Hms14/Edy Laks)  

Berita Terkait