Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GOLONGAN DARAH AB DIBUTUHKAN

Kamis, 19 Juni 2014 Sosial
TEMANGGUNG, Golongan darah AB amat dibutuhkan pasien dari sejumlah rumah sakit di Temanggung. Namun persediaan golongan darah AB di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung sangat minim, karena langka pendonor golongan darah jenis itu. Petugas PMI Cabang Kabupaten Temanggung, Tasrif, Selasa (17/6) di kantornya mengatakan, guna mengatasi kelangkaan stok darah golongan AB, pihaknya  secara intensif PMI  telah meningkatkan frekwensi pelayanan donor darah di berbagai tempat. Alhasil upaya itu mampu menambah ketersediaan darah golongan AB meski jumlahnya tidak banyak.
     “Senin kemarin kita melayani donor darah yang diselenggarakan Badan Pertanahan Nasional Temanggung dan mendapatkan 5 kantong darah  AB. Tetapi semuanya itu sudah dipesan, sehingga persediaan untuk jenis Itu nihil," jelasnya. 
     Sedang jumlah pendonor seluruhnya sebanyak 37 orang menghasilkan 11 kantong jenis A, II B, II O dan 5 kantong jenis AB.Di markas PMI sendiri persediaan darah ada 40 kantong, baik golongan darah A, B dan C. Sementara untuk AB kosong.
     Ia menyebutkan, selain melayani pendonor dari instansi/lembaga PMI juga secara rutin berkeliling di berbagai kecamatan secara bergiliran setiap hari. Dalam melakukan kegiatan donor darah senantiasa mendapatkan golongan darah AB dari pendonor, namun kebanyakan golongan darah tersebut sudah dipesan. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait