Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PRA PEMUGARAN SITUS LIYANGAN

Selasa, 15 Juli 2014 Umum
TEMANGGUNG, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, berencana melakukan pra pemugaran Situs Liyangan pada tahun 2015 mendatang. Batu-batu yang ditemukan di sekitar candi atau batur di Dusun Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo Temanggung akan disatukan kembali agar Nampak seperti aslinya.
     Ketua Kelompok Kerja (pokja) BPCB Jawa Tengah Sugeng Widodo Jumat (11/7) mengatakan pra pemugaran atas situs ini diperlukan sebagai persiapan pemugaran untuk mengembalikan situs sesuai bentuk aslinya. Maka sebagai persiapan pihaknya meninjau dan memetakan terlebih dahulu kondisi situs Liyangan.
     Menurutnya pra pemugaran membutuhka waktu yang lama mengingat benda budaya berupa batu-batu yang ditemukan berserakan. Pra pemugaran membutuhkan kejelian dan ketelitian. Pra pemugaran pada intinya upaya awal mengembalikan bentuk situs peninggalan mataram kuno itu seperti sedia kala, maka itu harus benar-benar teliti. Pra pemugaran difokuskan pada talut samping kanan kiri jalan makadam atau jalan terasahan, yang berada di samping candi utama.
    Pada ekskavasi yang terakhir ditemukan candi yang berbentuk kubus yang berada di ujung paling bawah dari area situs tersebut candi tersebut merupakan candi utama situs Liyangan. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait