Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TINGKAT HUNIAN HOTEL NONBINTANG MENURUN PADA RAMADHAN

Senin, 21 Juli 2014 Umum
TEMANGGUNG, Tingkat hunian hotel nonbintang di Temanggung mengalami penurunan selama ramadhan tahun ini. Penurunan yang terjadi tidak mencapai angka 50 persen dari kunjungan harian normal.
     Staf Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Agus Fitriatmoko di kantornya Kamis (17/7) mengatakan untuk Ramadhan kali ini, kepastian angka kunjungan harian memang belum dilaporkan oleh pemilik hotel. Namun dari pantauan yang dilakukan, terjadi penurunan angka kunjungan hotel tetapi tidak sampai 50 persen.Ia mencontohkan, kunjungan dalam satu bulan pada hari-hari biasa mencapai 5.000 orang, namun pada Juli 2013 angka tersebut menurun menjadi 3.000 orang perbulan. Penurunan sendiri dipicu banyaknya orang yang tengah berpuasa. Kunjungan tertinggi harian terjadi di Hotel Ayu yang terletak di  
     Desa Gandulan, Kecamatan Kaloran. Hotel yang berada di jalur altenatif Temanggung-Semarang via Sumowono tersebut okupansi harian rata-rata 39-40 orang.
Dari keseluruhan hotel yang ada di Kabupaten Temanggung, sebanyak 13 unit hotel, hanya satu diantaranya yang hotel berbintang. Untuk hotel berbintang tingkat huniannya juga menurun, kalau biasanya 500 orang sampai 600 orang dalam satu bulan, tahun ini menurun menjadi sekitar 300 orang. (Hms14/Edy Laks).

Berita Terkait