Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

23 KELURAHAN DITEMANGGUNG MENERIMA BANTUAN SOSIAL

Senin, 08 Juni 2009 Pemerintahan
23 KELURAHAN DI TEMANGGUNG MENERIMA BANTUAN SOSIAL

TEMANGGUNG, Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 32 Tahun 2009 telah membentuk 15 kelurahan baru yang menjadikan jumlah kelurahan di Kabupaten Temanggung berjumlah 23 kelurahan, untuk mewujudkan peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dengan mengalokasikan danan untuk kelurahan, baik untuk kegiatan aparatur maupun untuk masyarakat. Dana yang dialokasikan dan dikelola oleh masyarakat dengan nama Bantuan Sosial kepala Lembaga Pemberdayaaann Masyarakat Kelurahan (LPMK). Yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lembaga kemasyarakatan di kelurahan, menumbuhkembangkan pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat. Selanjutnya dalam sambutanya Bupati Temanggung Drs. Hasyim Afandi mengharapkan kepada Lurah dan LPMK untuk mengendalikan agar arah pengunaannya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
     Saya memandang bahwa Bantuan Sosial kepada LPMK ini sebagai terobosan untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik di tingkat pemerintah yang paling bawah yaitu kelurahan tandasnya. Kelurahan merupakan perangkat daerah yang langsung berhubungan dengan masyarakat dan pemanfaatan bantuan dapat mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan. Selanjunya dalam pengelolaan hendaknya harus transparan, akuntabilitas, serta efektif dan efisien, dan melibatkan semua pihak untuk mensukseskan program tersebut. Pada akhirnya bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus tetap berprinsip Kerja Keras, Jujur dan Tidak Korupsi.
     Pada tahun 2009 Bantuan Sosial kepada LPMK sebesar Rp. 1.370.000.000,-. Dalam pembagianya untuk 8 kelurahan lama   masing-masing mendapatkan 40 juta rupiah dan 15 kelurahan baru masing masing mendapatkan 70 juta rupiah. Bantuan Sosial tersebut ditranfer langsung ke Rekening Bendahara LPMK dan secara simbolik dilakukan penyerahan buku rekening oleh Bapak Bupati kepada para Lurah dan selanjutnya dana dapat dicairkan oleh masing-masing kelurahan.
PENGGUNAAN DANA
     Graha Bhumi Phala Sabtu (6/6) pada acara Penyerahan Bantuan Sosial kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK)  yang dihadiri oleh Bupati Temangung, Tim Fasilitasi, SKPD terkait, Camat Temangung, Camat Parakan, Camat Ngadirejo, Camat Kranggan, Lurah, Seklur dan Ketua LPMK, Ketua Penggerak PKK Kelurahan dan para RT dan RW. Asisten Pemerintahan Drs. Indra Haryadi melaporkan bahwa dana sejumlah Rp.1.370.000.000,- akan digunakan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di masing-masing Kelurahan yang didasarkan pada skala prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dimusyawarahkan melalui  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) . Selanjutnya dana tersebut akan digunakan untuk penguatan kelembagaan kemasyarakatan kelurahan dan pembangunan/pemeliharaan sarana dan prasarana. Dalam penggunaan dana tersebut Tim Pengelola Bantuan Tingkat Kelurahan harus tetap berpedoman pada Peraturan Bupati Temanggung Nomor 14 Tahun 2009 agar pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan tetap berpihak dan bermanfaat bagi masyarakat secara optimal, dapat berjalan dengan lancar, tertib dan melibatkan seluruh unsur masyarakat dengan satu tekat serta berprinsip kerja keras, jujur dan tidak korupsi.(Hms/pakDhe)

Berita Terkait