Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SOUVENIR DAN MAKANAN KHAS DIBURU PEMUDIK

Rabu, 06 Agustus 2014 Umum
TEMANGGUNG, Pusat oleh-oleh khas dan jajanan menjadi buronan paling digemari para pemudik sebelum kembali ke perantauan. Selain makanan khas, souvenir khas daerah penghasil tembakau ini juga menjadi bahan buruan. Selama lebaran kali ini, omzet perdagangan souvenir dan oleh-oleh melonjak hingga lima kali lipat dari hari biasa.
     Owner Temanggung Bersenyum salah satu pusat makanan khas dan souvenir khas Temanggungan Yonasrul, Selasa (5/8), mengatakan, selama lebaran kali ini, pakaian khas menjadi buruan para pemudik untuk oleh-oleh. Kaos paling banyak dibeli, kita sampai kehabisan stok, padahal kita produksi 10 kali lipat dibanding produksi bulanan biasa.Salah satu daya tarik kaos khas dengan brand Mbejujag ini adalah isinya yang lebih banyak menggambarkan tulisan dan kata-kata khas Temanggungan. Beberapa tulisan yang tercantum dalam kaos tersebut antara lain TMG, Senasib Setemanggungan, Entho, Sikak De'e dan sebagainya. Ia menjelaskan, dengan daya tarik yang demikian, permintaan kaos khas melonjak tinggi. Permintaan paling tinggi lebih banyak ukuran L dan M. Sementara untuk ukuran anak-anak menempati posisi ketiga.
     Owner Bakso Uleg Wakikuk, M. Abidin mengatakan, penjualan bakso uleg sebagai makanan khas daerah penghasil tembakau ini juga mengalami lonjakan permintaan cukup tinggi. Untuk itu, produksi harian ditambah hingga tiga kali lipat.
     Sementara itu, makanan khas lainnya seperti Kikil Menggoro, Bakso Uleg, Kupat Tahu Batoar serta makanan tradisional lainnya juga menjadi buruan para pemudik untuk menikmati makanan khas daerah  asalnya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait