Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JALUR MOTOR SUMBING TIDAK BERIZIN

Senin, 11 Agustus 2014 Umum
TEMANGGUNG, Asisten Perum Perhutani BKPH Temanggung, Cahyono, menegaskan, pembukan jalur motor menuju puncak Gunung Sumbing dinyatakan ilegal. Sebab, pembukaan jalur tersebut tidak memiliki izin resmi dari Perum Perhutani. Pihaknya sejauh ini belum menerima laporan terkait keberadaan jalur tersebut dan langsung melakukan inspeksi ke hutan lindung yang berlokasi di RPH Kacepit ini.
     Ia menjelaskan, dari hasil data sementara yang diperoleh, jalur tersebut pada awalnya merupakan jalur pantauan hutan yang dibuat oleh Perum Perhutani. Namun, belakangan jalur tersebut digunakan sebagai jalur pendakian yang kemudian dibuat menjadi jalur sepeda motor. Diutarakan  dalam pembuatan jalur tersebut, seharusnya melakukan koordinasi dengan Perum Perhutani sebagai pemangku hutan di wilayah Gunung Sumbing.
     Menurutnya, baik izin maupun tidak izin, tidak diperkenankan hutan lindugn digunakan sebagai area untuk jalur sepeda motor. Ia mengatakan, terkait adanya informasi tersebut, pihaknya akan langsung turun meninjau lokasi pembuatan jalur pendakian sepeda motor yang telah mencapai ketinggian 3000 meter dpl tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan meminta informasi kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sekitar. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait