Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

INTENSITAS HUJAN TINGGI SEBABKAN TEMBAKAU LAYU

Rabu, 13 Agustus 2014 Umum
TEMANGGUNG, Hamparan tanaman tembakau zona Swam Bin pegunungan Prahu Tretep layu dan menguning  akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terkahir ini .Bila kondisi tidak membaik, petani terancam menderita kerugian cukup besar.
     Petani tembakau dari zona Swam Bin, Agus Setyawan, 40 Senin (11/8), mengatakan, intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari  terakhir ini menyebabkan tanaman tembakau layu dan menguning. Tanaman tidak dapat tumbuh subur seperti pada tahun sebelumnyaditandai banyak yang membusuk akarnya, jadi tanamannya menguning, yang masih muda masih bisa ditanjangi (menanam ulang), tapi kalau yang sudah tua tidak mungkin dan akhirnya mati.
     Para petani mengaku mengalami kerugian besar apabila jelang panen raya ini kondisi serupa terus berlangsung. Kerugian besar dipicu harga pokok produksi (HPP) yang tinggi akibat mahal dan langkanya pupuk saat proses awal penanaman. Apabila hasil panen ternyata tidak optimal dan harga jual rendah, petani akan mengalami kerugian besar seperti yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
     Menurutnya tembakau adalah tanaman musiman yang ditanam pada akhir musim hujan. Setelah tumbuh, tanaman ini harus lebih banyak menyerap cahaya matahari langsung ketimbang air untuk meningkatkan kualitas tembakau. Kandungan TAR dan nikotin akan semakin tinggi apabila serapan cahaya matahari yang besar tanpa disertai angin kencang yang menyebabkan debu melekat pada daun.
     Para petani berharap pabrikan rokok sebagai pembeli utama produk tembakau Kabupaten Temanggung dapat menerapkan harga yang sepadan dengan biaya produksi. Seandainya tidak dapat meraup keuntungan, paling tidak dengan penerapan harga yang sesuai petani dapat terhindar dari kerugian. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait