Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GURU HARUS KUASAI KOREOGRAFI

Jumat, 29 Agustus 2014 Pendidikan
TEMANGGUNG, Ratusan guru Rodhutul Atfal/Taman Kanak-kanak dari sejumlah sekolah di Temanggung mengikuti pelatihan koreografi. Dengan pelatihan itu diharapkan pengajar ditingkat dasar memiliki keahlian menciptakan tari selain memainkan olahgeraknya. Tujuannya, agar kreasi seni dapat terus berkembang sebagai salah satu kekayaan daerah.
     Kepala Bagian Tata Usaha, Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Sugiarto, dikantornya Rabu (27/8) menjelaskan pelatihan Koreografi yang diselenggarakan bersama dengan Sanggar Tari Pareanom dan YPANU Temanggung dilaksanakan di gedung IPHI Temanggung. Agar menguasai, pelatihan  mesti terus dilakukan secara  kontinyu dan berkelanjutan.
     Pimpinan Sanggar Tari Pareanom, Paramitha SY menambahkan, dalam pelatihan tersebut, pihaknya berharap para guru RA di Kabupaten Temanggung tidak hanya mampu menari dengan olah gerakan tari yang telah ada, melainkan mampu menciptakan gerakan tari sendiri sehingga dapat lebih optimal. Ia menjelaskan, dalam latihan koreografi ini diperkenalkan teknik dasar pengambilan ide, pengembangan gerak dan gambaran global mengenai koreografi secara umum. Selain latihan teori, secara berkelompok, 152 orang peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dilatih untuk membuat kreasi tari sendiri.
     Dikatakan, setelah pelatihan ini, diharapkan para pengajar tersebut dapat kembali berlatih secara rutin. Sebab, menciptakan kreasi tari membutuhkan keahlian khusus yang diperoleh dari latihan secara rutin dan mengembangkannya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait