Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MAN TEMANGGUNG BELAJAR MANASIK HAJI

Rabu, 10 September 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Untuk meningkatkan kemampuan siswa dan memberikan motivasi lebih supaya siswa bisa menjalankan rukun Islam yang kelima, MAN Temanggung Selasa (9/9) melaksanakan kegiatan pelatihan manasik haji. Acara ini dilaksanakan selama satu hari penuh diawali dengan pemaparan teori, dilanjutkan praktik umroh dan praktik, yang bertempat di lingkungan MAN dan halaman gedung Pemuda Temanggung.
     Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan karyawan serta siswa-siswa dari kelas 10 sampai kelas 12 sebanyak 1.100 orang. Pada intinya kegiatan ini merupakan perwujudan dari visi MAN Temanggung yang agamais,  dari visi MAN yaitu agamais, kompetitif, terampildan berwawasan lingkungan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari MAN Temanggung.
     Disampaikan panitia penyelenggara Jakfar Sodik di sela-sela pelaksanaan bahwa kegiatan ini memupuk agar anak didiknya mempunyai niat untuk melaksanakan rukun Islam kelima. “Selain itu juga memberipemahaman kaifiyah ketentuan manasik haji”, tambahnya.
     Pada pelaksanaannya kegiatan manasij haji ini, seluruh siswa yang ikut diwajibkan berpakaian ihrom. Namun, bagi yang tidak memiliki memakai pakaian berwarna putih.
     Manasik haji kali ini dibagi dalam 3 kloter, untuk kloter 1 kelas 10, kloter 2 kelas 11 dan kloter 3 kelas 12. Sedangkan wali kelas masing-masing sebagai ketua rombongan dan sebagai ketua regu adalah dari majelis taklim MAN Temanggung.
     Untuk memberi gambaran ibadah haji dan umroh sesungguhnya, maka materi pada kegiatan ini di bagi 10 persen teori dan 90 persen praktek.
     Panitia kegiatan berharap semua bisa berjalan lancar serta semua siswa dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dan nantinya kalau ibadah haji yang sesungguhnya, sudah memiliki pengalaman melalu manasik haji.(Hms14/pakDhePAUL)

Berita Terkait