Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

Pemkab Temanggung Perbaiki Jalan Rusak

Selasa, 25 Juli 2017 Pemerintahan

    TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung  saat ini tengah memperbaiki tiga ruas jalan meliputi  ruas jalan lingkar Kelurahan Walitelon, di Kecamatan Temanggung, ruas jalan Kandangan-Jumo, di Kecamatan Kandangan dan Jumo serta ruas Jalan Duren-Ngalian, di Kecamatan Bejen.
        Kabid Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pengembangan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Hendy Wahyu Hidayat, di kantornya, pekan lalu mengatakan, tiga pekerjaan perbaikan berupa peningkatan jalan tersebut, sudah mulai dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Untuk ruas jalan lingkar di Kelurahan Walitelon, yang merupakan jalan penghubung Maron ke Terminal Madureso dan sebaliknya, selama ini memang mengalami rusak berat karena aspalnya mengelupas dan berlubang-lubang. Bahkan, beberapa waktu lalu warga sempat menanami pohon pisang di salah satu lubang itu.
          Sejumlah ruas di jalan lingkar tersebut kondisi tanahnya memang labil, terutama pada lokasi tanjakan, sehingga mudah rusak ketika terus menerus tergerus air hujan dengan intensitas tinggi. Terlebih, jalan setempat juga merupakan jalur untuk kendaraan besar dan berat, seperti bus-bus AKAP dan truk tronton.
    Kemudian untuk ruas jalan Kandangan-Jumo, selain peningatan jalan, juga akan dilakukan pelebaran. Untuk kepentingan pelebaran tersebut, saat ini di bagian kanan dan kiri bahu ruas jalan setempat sedang dilakukan pengecoran beton.Ruas jalan tersebut akan dilebarkan masing-masing 1 meter untuk bagian kanan dan kirinya. Sehingga, lebar jalan yang semula 4 meter, nantinya akan bertambah menjadi 6 meter.
    Diungkapkannya, pelebaran dan perbaikan ruas jalan Kandangan- Jumo yang dilaksanakan saat ini, merupakan bagian dari program pelebaran dan perbaikan ruas jalan Kandangan-Ngadirejo yang dilaksanakan secara bertahap oleh pemkab.
    Adapun perbaikan ruas jalan Desa Duren-Ngalian di Kecamatan Bejen, juga merupakan kelanjutan dari perbaikan jalan kabupaten di jalur setempat. Tahun-tahun sebelumnya telah dilaksanakan perbaikan jalan Desa Selosabrang, dan Desa Petung, yang satu jalur dengan jalan Desa Duren dan Ngalian tersebut.Desa Ngalian sendiri merupakan salah satu desa di Kabupaten Temanggung yang berbatasan dengan Kecamatan Patean dan Boja, Kabupaten Kendal. ( hms17/Edy Laks )

 

Berita Terkait