Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KALANGAN EHIPASSIKO DAN GUSDURIAN LAKSANAKAN DONOR DARAH

Senin, 15 September 2014 Sosial
TEMANGGUNG, Palang Merah Indonesia (PMI) Temanggung pada pekan kemarin  kehabisan stok darah AB, sedangkan untuk  darah O sudah kritis. Sementara untuk darah A dan B cukup banyak pendonor sehingga stok darah memenuhi. Sejauh ini, PMI terus berburu para pendonor untuk mendapatkan stok darah yang menipis lantaran permintaan terhadap stok darah tersebut cukup tinggi.
     Petugas PMI Temanggung, Tasrif mengatakan, stok darah AB hanya tinggal satu kantong, namun pada siang harinya, pasien membutuhkan darah tersebut. Persediaan yang kosong ditambah permintaan dari pasien yang cukup banyak pada sore harinya. Sementara untuk stok darah O masih ada sekitar 10 kantong.
     "Hari ini (Sabtu) kemarin ada dari kalangan Ehipassiko dan GUSDURian yang donor darah. Sebagian besar golongan darah A dan B jadi kami memiliki persediaan darah yang cukup aman. Untuk A dan B lebih dari 30 kantong. Tetapi yang O sudah habis dan yang AB tinggal 10 kantong," terangnya.
     Ketua Panitia Donor Darah Massal, Andi Sutrisno, mengatakan, mengetahui kondisi stok darah PMI yang menipis, ia mengajak rekan anggota Ehipassiko dan GUSDURian untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan tersebut. Hasilnya, puluhan orang berbondong-bondong untuk turut serta menyumbangkan darahnya di PMI Temanggung.
     "Respon cukup bagus, kami mendapatkan banyak pendonor dan kami pikir kami bisa menggelarnya secara rutin setiap tiga bulan sekali. Kami sudah koordinasi, kebetulan stok darah memang kadang menipis karena permintaan yang tinggi," kata pria yang akrab disapa Aseng ini.(Hms14/Paul)

Berita Terkait