Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANSOR DORONG PABRIK BELI TEMBAKAU TEMANGGUNG SAMPAI HABIS

Jumat, 26 September 2014 Umum
TEMANGGUNG, Anomali cuara tahun ini sangat eksterim karena sampai bulan Juli curah hujan masih tinggi, sehingga baru mulai Bulan Agustus memasuki kemarau.    Situasi ini berdampak pada pertumbuhan tanaman tembakau, sehingga kalau menanam tembakau terlalu awal pasti  mengalami kerusakan.
     Ketua GP Ansor Kabupaten Temanggung Yami Blumut melalui sisran persnya Kamis (25/9) mengatakan anomlai cuaca menyebabkan pertumbuhan tanaman lebih dominan fase vegetatifnya, sehingga secara fisiologi daun akan terus menghasilkan asimilat yang cenderung bersifat vegetatif akhirnya daun tembakau tidak tua istilah petani.  Dampak yang dirasakan petani adalah masa panen menjadi mundur, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa pada bulan Agustus-September, panen raya. Ini juga menyebabkan pabrikan terlambat atau menunda pembelian dari petani.
     Oleh karena itu, diharapkan kepada pabrikan untuk wajib membeli tembakau temanggungan sampai habis, jangan berpatokan pada mangsa sudah  memasuki mangsa kapat. Karena biasanya pabrikan beralasan bahwa mangsa kapat hanya untuk jenis lamsi, yang lainnya diturunkan harganya, ujarnya.
     Terkait hal itu Kepada DPRD dan Pemerintah untuk memfasilitasi jangan sampai petani dirugikan hanya musim panen yang mundur. Kepada Bupati mohon janji akan memperjuangkan petani betul-betul dipenuhi dengan selalu memantau keadaan lapangan. Kepada Anggota Ansor dan Banser yang masih belum selesai memanen tembakau, untuk tetap menjada kualitas tembakau masing-masing.
     Kualitas yang terjaga akan menjamin ciri tembakau temanggungan yang tidak dapat ditiru atau dipalsu. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait