Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENJUALAN ARANG RAMAI

Selasa, 07 Oktober 2014 Umum
TEMANGGUNG, Penjualan arang untuk membakar daging guna keperluan sate hewan kurban pada perayaan Idul Kurban atau Idul Adha tahun ini di Temanggung meningkat. Tak heran, batu arang cukup laris dibeli saat ini. Pembuat batu arang pun dalam stok produksi arang naik dua kali lipat seiring melonjaknya permintaan di warung-warung.
     Subardi (54) salah satu pengrajin batu arang di Temanggung, Minggu (5/10), menuturkan, para pembuat arang rata-rata tiap jelang idul adha memproduksi arang sampai 1 ton.
     "Padahal untuk hari-hari biasa hanya 2-3 kuintal tiap produksi. Ya ramainya orang beli arang hanya saat Idul Adha saja. Dulu, waktu belum ada seterika listrik, arang tetap laris di hari-hari biasa.
     Disebutkan, batu arang yang dibuatnya itu dijual ke pengepul seharga Rp 2 ribu per kilo. Namun bila ada pengecer untuk bikin sate yang mau beli langsung harganya Rp 2.500 per kilo. Mereka memanfaatkan kebun untuk pembuatan arang.
     Sedang bahan utama untuk membuat arang  dari kayu semboja, sengon dan lain-lain. Cara buatnya kayu dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam lubang tanah galian seperti bikin lubang untuk jenazah. Setelah itu ditutup tanah, rumput, kayu bakar iatasnya baru disulut api. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait