Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TAKMIR MASJID ALBAROKAH BAGIKAN DAGING KURBAN

Selasa, 07 Oktober 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Takmir masjid Albarokah Bambu Runcing, Parakan Kauman, Parakan membagikan daging kurban sapi dan kambing  kepada ribuan kaum duafa di lingkungan di dalam dan luar kelurahan setempat pada  Hari Raya Idul Adha, Minggu kemarin (05/10).
     Panitia kurban di masjid Albarokah Bambu Runcing, Bambang Sumardiyono dan Nur Sodikin, Minggu (5/10) mengatakan, masjid Albarokah tahun 2014 ini menyembelih hewan kurban sebanyak 19 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Bila dibandingkan perayaan kurban tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun ini meningkat, kurban tahun lalu, yang hanya 16 ekor sapi.
     Dia menjelaskan, daging kurban tersebut selain dibagikan warga setempat, juga dikirimkan ke sejumlah desa di luar kecamatan Parakan seperti Kundisari Kecamatan Kedu, Gandurejo (Bulu) serta desa lainnya yang mengajukan permintaan penyembelihan. Untuk Kelurahan Parakan Kauman hewan kurban tersebut dibagikan kepada sekitar 300 kaum duafa, sedangkan desa luar kelurahan dijatah 40 bungkus setiap desa. Sapi-sapi yang disembelih untuk kurban sebagian besar didatangkan dari Salatiga.
     Hal serupa juga dilakukan masjid AL-Azhar Dusun Besaran, Parakan Kauman yang saat ini menyembelih 2 ekor sapu dan 11 ekor kambing. Hewan kurban tersebut dibagikan kepada sekitar 250 orang. Kebanyakan dibagikan dilingkungan dusun setempat. Sedang panitia kurban masjid Baiturohman Dusun Wirosari Desa Karangtejo Kecamatan Kedu menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing dibagikan untuk 64 keluarga.
     Sementara itu panitia kurban RSU Temanggung terpaksa mengganti 1 ekor sapi untuk disembelih, pasalnya sapi yang sebelumnya dipersiapkan untuk kurban mati secara tiba-tiba. Sapi tersebut sebelum disembelih diikat  pada tiang, namun kemudian sapi berontak dan tali pengikat menjerat lehernya hingga menyebabkan mati. Kejadian itu sangat cepat dan mengejutkan, terpaksa panitia menggantinya dengan mendatangkan sapi guna disembelih. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait