Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

150 TANGKI AIR BERSIH DIBAGIKAN UNTUK 20 DESA

Jumat, 10 Oktober 2014 Sosial
TEMANGGUNG, Pemkab Temanggung dalam musim kemarau tahun ini telah membagikan 150 tangki air bersih untuk 31 dusun dalam 20 desa yang tersebar di enam kecamatan.
     Kepala Badan Pelanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Agus Widodo, di kantornya  Rabu (8/10) mengatakan, Pemkab Temanggung pada 2014 menganggarkan dana untuk pengadaan 400 tangki di APBD untuk droping air bersih ke daerah kekeringan. Sejak awal September hingga saat ini anggaran tersebut sudah digunakan sekitar 150 tangki untuk disalurkan ke 31 dusun dalam 20 desa yang tersebar di enam kecamatan. Enam kecamatan itu adalah Selopampang, Pringsurat, Candiroto, Kaloran, Kandangan, dan Kranggan.
     Setiap penyaluran satu tangki air bersih, lanjut Agus, membutuhkan dana antara Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu yang disesuaikan jarak tempuh dari BPBD ke lokasi kekeringan. Penggunaan dana itu untuk keperluan bahan bakar solar, ongkos sopir tangki dan membayar tiga orang pendamping. Sedangkan tiap satu tangki berkapasitas 4.000 - 5.000 liter air bersih.
     Sementara itu guna menopang kebutuhan anggaran untuk pengadaan aiar bersih pihaknya juga mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jumlah bantuan yang diterima  sebesar Rp 400 juta yang nantinya akan digunakan untuk cadangan jika anggaran dana dari APBD Kabupaten untuk krisis air bersih habis. Dana juga untuk membiayai keperluan posko, droping air, dan untuk membantu pipanisasi di daerah-daerah kekeringan.(Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait