Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGGUNAAN GAS ELPIJI NAIK

Selasa, 14 Oktober 2014 Umum
TEMANGGUNG, Penggunaan gas LPG untuk kebutuhan memasak sehari-hari selama musim tembakau 2014, meningkat  naik 12 persen dari kuota kebutuhan harian masyarakat. Selain akibat tingginya konsumsi elipiji pada musim tembakau, kenaikan konsumsi juga dipicu konversi pengguna elpiji 12 kilogram ke elpiji bersubsidi 3 kilogram pascakenaikan harga bulan lalu.
     Anggota Tim Monitoring Tata Niaga Elpiji Kabupaten Temanggung, Arief Mujiyono di kantornya Senin (13/10) mengatakan, ada dua faktor penyebab kenaikan konsumsi, yakni karena adanya musim tembakau yang orang banyak menggunakan elpiji, disamping itu juga konversi pengguna dari 12 kilogram ke 3 kilogram. Tetapi yang konversi ini hanya beberapa persen.
     Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemkab Temanggung telah mengajukan tambahan kuota kepada Pertamina. Permintaa tambahan tersebut telah disalurkan sebanyak 200 persen pada September lalu dan 100 persen pada Oktober ini.
     Dikatakan, pengguna elpiji ukuran tiga kilogram di Kabupaten Temanggung mencapai 245.354 rumah tangga sasaran (RTS), jumlah tersebut ditambah dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan tabung melon sebanyak 13.718 unit. Dalam satu tahun, Kabupaten Temanggung mendapat alokasi total 4.911.812 tabung. Hingga akhir tahun diprediksikan konsumsi elpiji di Kabupaten Temanggung akan berlangsung normal. Prediksi ini didasarkan dengan tidak adanya momen khusus yang berdampak pada kenaikan penggunaan elpiji seperti bulan sebelumnya. Meski demikian, kuota harian yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan harian masyarakat. (Hms14/Edy Laks).

Berita Terkait