Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GELANDANGAN DITERTIBKAN

Selasa, 21 Oktober 2014 Sosial
TEMANGGUNG, Keberadaan gelandangan pengemis dan orang gila di berbagai sudut kota Temanggung dan Parakan ditertibkan Tim gabungan Satpol PP, Dinas Sosial, dan kepolisian.Penertiban dilakukan dengan menggelar razia, setidaknya 7 orang yang berhasil dijaring. Beberepa gepeng dan orang gila yang terjaring razia selanjutnya didata dan dilakukan pembinaan.
     Kasi Penegak Perda Satpol PP Kabupaten Temanggung, Cukup Sudaryanto, di kantornya Senin (20/10) mengatakan, sasaran razia adalah tempat yang ditengarai kerap didapati para gepeng, seperti terminal induk Madureso Temanggung, alun-alun, pasar, Parakan, Kedu, Maron. Dalam razia  berhasil menjaring tujuh orang terdiri dua orang pengamen, dua pengemis, tiga orang psikotik. Razia gabungan lanjutnya dilaksanakan untuk menciptakan keamanan, dan kenyamanan di masyarakat.
     Sementara di tempat terpisah Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, Widiharso, mengatakan tiap musim tembakau, Pemkab Temanggung dipusingkan dengan merebaknya Pengemis, Gelandangan, Orang Tua Terlantar dan Tuna Susila (PGOTTS) didaerah tersebut. Diduga mereka kiriman dari daerah sekitar, sehingga dilakukan razia dan pendataan.
     Diutarakan razia merupakan bagian dari penegakkan Perda nomor 3 tahun 2012 tentang Pengemis, Gelandangan, Orang Tua Terlantar dan Tuna Susila (PGOTTS). Secara periodik razia dilakukan tim gabungan, waktunya tidak menentu, disesuaikan dengan kebutuhan. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait