Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENDAKIAN GUNUNG DIPERKETAT

Selasa, 21 Oktober 2014 Umum
TEMANGGUNG, Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, Perhutani BKPH Temanggung memperketat pendakian gunung dari semua jalur. Kebakaran hutan yang terjadi pada beberapa waktu lalu di Petak 15 D1, RPH Kacepit diduga merupakan tindakan para pendaki yang tidak hati-hati dalam membuat perapian.
     Asisten Perhutani BKPH Temanggung, Cahyono di kantornya Senin (20/10) mengatakan, untuk pendakian pada dasarnya tetap dibuka, khususnya di kawasan Sindoro dan Sumbing. Namun, pihaknya berharap para pengelola pendakian di pos pendakian untuk lebih selektif dalam melakukan seleksi para pendaki. Pihaknya juga meminta pengelola pendakian agar memberikan bekal kepada para pendaki dalam membuat perapian.
     Membuat api di kawasan hutan lindung secara hukum merupakan larangan yang tidak boleh dilakukan, namun pengecualian diberikan kepada para pendaki dengan syarat tidak membiarkan perapian dibiarkan begitu saja setelah digunakan.Ia mengatakan, selain itu pihaknya juga meminta agar pendaki tidak membuang putung rokok sembarangan. Sebab pada musim kemarau banyak daun dan vegetasi campuran yang dapat dengan mudah tersulut api dan menjadi penyebab kebakaran.
     Diutarakan, para pendaki sebaiknya menghargai hutan sebagai sebuah kekayaan yang perlu dilestarikan. Para pendaki juga diminta untuk menjaga alam agar kelestarian hutan tetap terjaga kedepannya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait