Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BAZNAS TEMANGGUNG GELAR TASHARUF AKBAR

Senin, 16 Desember 2019 Keagamaan

TEMANGGUNG, Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung menggelar acara Tasharuf Akbar, Rabu kemarin  (11/12 ) di Graha Bumi Phala Setda kab Temanggung. Hadir dalam acara tersebut Ketua Baznas pusat Bambang Sudibyo, Pengurus Baznas Provinsi Jawa Tengah Rozihan, Penjabat Sekda Budi Santoso dan pejabat terkait serta unsur terkat lainnya.
            Ketua Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Temanggung Djundardo, mengatakan jumlah dana  yang ditasarufkan sebanyak Rp 6,3 miliar dengan perincian untuk fakir Rp620 juta, miskin Rp3,9 miliar, mualaf Rp275 juta, fisabilillah Rp1 miliar lebih, ghorim (orang berhutang) Rp12 juta, ibnu sabil Rp14 juta. Dikatakan potensi zakat dari penghasilan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Temanggung, sekitar Rp12,5 miliar. Diakui memang sampai saat ini angka tersebut belum tercapai, meskipun dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat.
            "Potensi zakat dari ASN saja untuk penghasilan gaji dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) Rp 12,5 miliar. Tetapi sampai akhir 2018 terkumpul Rp5,7 miliar, jadi ini masih merupakan pekerjaan panjang agar kita bisa mencapai sebagaimana mestinya," katanya usai Tasharuf Akbar Baznas Temanggung.
        Ia mengatakan untuk tahun 2019 sampai akhir Oktober terkumpul Rp6,082 miliar.
            Disebutkan, metode pentasarufan sesuai panduan dari provinsi adalah 60 persen untuk fakir miskin, 40 persen produksi, dan 20 persen konsumsi, bentuknya untuk peduli kesehatan, bagi warga miskin yang sakit, guna pengobatan dan perawatan.Peduli pendidikan membiayai anak-anak selama menempuh pendidikan di SMA kemudian ada pembiayaan insidental artinya tidak dibiayai penuh.
            Lainnya peduli papan, RTLH bagi 102, dan plesterisasi 400+200 untuk rumah tangga miskin, jambanisasi sebanyak 200 unit, bantuan modal usaha produktif seperti mesin jahit, alat teknik, montir, finishing meubel.
            Ada juga bantuan untuk janda-janda dan duda-duda tua, serta peduli bencana, peduli difabel, sabilillah santri calon tahfid atau penghafal Alquran, ibnu sabil, ghorim, dan mualaf. Ia mengatakan distribusi di 20 kecamatan yang ada di Kecamatan Temanggung paling banyak Rp850.101.000, lalu Kecamatan Kaloran Rp 635.218.000.
            Ketua Baznas pusat Bambang Sudibyo menyampaikan penghargaan dan apresiasai yang tinggi  kepada Baznas Kabupaten Temanggung atas diselenggarakannya tasharuf akbar. Ia berharap kepada  para penerima  agar memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, sehingga berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan. Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara utamanya  yang beragama Islam  agar bisa  memenuhi kewajibannya membayar zakat sebesar 2,5 %. Dengan demikian potensi zakat yang bisa dikumpulkan Baznas kabupaten Temanggung semakin meningkat .
            “Kepada segenap jajaran pengurus    Baznas Kabupaten Temanggung  saya harapkan  lebih meningkatkan kinerjanya  agar   pengumpulan  zakat dari tahun ke tahun terus bertambah banyak . Dana yang tekumpul nantinya didayagunakan untuk membantu  kaum duafa  diantaranya bantuan modal usaha ekonomi produktif “ harapnya  (Bagian Humas Pemkab Temanggung19/Edy Laks )   

Berita Terkait