Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PDAM MINTA PELANGGAN HEMAT AIR

Senin, 03 November 2014 Umum
TEMANGGUNG, PDAM Tirta Agung Temanggung meminta para pelanggan untuk hemat dalam menggunakan air. Pasalnya sumber-sumber mata air mengalami penyusutan dalam musim kemarau tahun ini.
     Permintaan sebut disampaikan Direktur PDAM Tirta Asri Temanggung, Suparto Edi Sucahyo di kantornya Kamis (30/10). Selama musim kemarau tahun ini, debet air yang dimiliki menurun sekitar 15 persen dari total debet rata-rata harian. Menurunnya sumber mata air tersebut menyebabkan pasokan air ke rumah-rumah pelanggan terganggu, utamanya pada jam sibuk. Oleh karena itu, diharapkan kepada pelanggan menggunakan air dengan bijak. Gunakan secukupnya dan kalau bisa menampung agar kalau debet menurun atau bahkan mati sudah ada persediaan.
     Menurutnya dari 18 mata air yang telah dimiliki, debet total air hanya 543 liter perdetik. Jumlah tersebut tidak cukup untuk kebutuhan pelanggan yang terus bertambah. Guna menambah kapasitas air, pihaknya terus berupaya mencari sumber-sumber mata air baru. Untuk itu, pihaknya berharap kooperatif dari masyarakat untuk memberikan sumber airnya agar dimanfaatkan pelayanan masyarakat. Jika ditemukan sumber mata air baru  langsung dilakukan pendekatan kepada pemilik, apabila tidak keberatan langsung bebaskan. Namun demikian bila berkeberatan, tidak memaksa dan mencari mata air yang lainnya.
     Disamping itu guna menambah peningkatan layanan, PDAM saat ini tengah membangun jaringan baru hingga ke pedesaan di luar perkotaan. Sasaran utama adalah daerah ibu kota kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota, diantaranya di Kandangan. Pembangunan jalur baru tersebut rencananya akan dilanjutkan pada pembangunan ke arah Kecamatan Kaloran dari pusat Kecamatan Kandangan melalui Desa Tepusen. Salah satu alasan adalah banyaknya permintaan warga dan adanya puskesmas di wilayah tersebut yang kebutuhan airnya tinggi. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait