Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB SERAHKAN BANTUAN HIBAH KEAGAMAAN

Senin, 03 November 2014 Keagamaan
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung kembali menyalurkan bantuan hibah sarana prasarana tempat ibadah, sarana prasarana Pendidikan dan Lembaga keagamaan  di Graha Bhumi Phala Rabu (29/10). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kabag Kesra Syafrudin Dato kepada perwakilan penerima.
     Syafrudin Dato dalam sambutannya mengatakan, kemampuan pemerintah dalam memberikan bantuan  hibah kepada warga masyarakat jumlahnya sedikit tidak sepadan yang diminta. Hal itu disebabkan anggaran yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu, bantuan sosial yang sudah diterima diharapkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya  sesuai proposal yang diajukan.
     “Bantuan ini hanya stimulan, sedang untuk membangun sebuah rumah ibadah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semoga bantuan ini dapat memotivasi masyarakat berswadaya sehingga pembangunan sarana ibadah yang direncanakan oleh panitia dapat terwujud,” katanya.
     Ia menekankan agar setelah dana diterima dan digunakan hendaknya ditindaklanjuti dengan  pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) secara lengkap. Hal itu penting diperhatikan karena  kalau tidak ada SPJnya maka oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bantuan tersebut akan ditarik kembali. BPK dalam satu tahun anggaran datang ke Pemkab Temanggung guna melakukan audit keuangan. Oleh karena itu, administrasi keuangan mesti dilakukan secara tertib dan objektif agar Temanggung  bebas korupsi.
     “Oleh karena itu, agar diperhatikan tentang pengunaan dana bantuan dan pengSPJannya sehingga tidak menjadi temuan yang berulang  atas pemeriksaan oleh BPK RI,“ ujarnya.
     Diutarakan, bantuan yang diberikan Rp.7.328.500.000 untuk 90 sasaran penerima diantaranya 28 masjid, 33 mushola dan 17 TPQ yang tersebar di 20 Kecamatan. Bantuan diberikan secara bertahap tahap I 40 %, tahap II 30 % dan tahap III 30 %.
     Bantuan tidak diberikan secara tunai akan tetapi diberikan dengan cara transfer ke rekening penerima bantuan, sehingga penerima bantuan hanya menandatangani berkas penerimaan uang sebagai syarat untuk mencairkan dana bantuan.Diharapkan bantuan segera dibelanjakan paling lambat 1 bulan setelah dana diterima. Surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan bantuan disertai bukti-bukti pendukung diminta diserahkan ke Bagian Kesra Setda Kab Temanggung. (Hms14/Edy Laks).

Berita Terkait