Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SADRANAN KALI LIYANGAN MERIAH

Rabu, 05 November 2014 Umum
TEMANGGUNG, Warga masyarakat Dusun Liyangan Desa Purbosari kecamatan Nagdirejo menggelar sadranan kali Jumat (31/10) di komplek situs Liyangan. Ritual sadranan berlangsung meriah ditandai dengan  mengarak gunungan hasil bumi dan dimeriahkan kesenian tayub, kuda lumping dan wayang kulit.
     Upacara adat di mulai dengan diaraknya dua gunungan yang tersusun dari hasil bumi dari balai desa menuju komplek situs yang berjarak sekitar 1 kilometer.
     Dibelakangnya diikuti kelompok kesenian tradisional dan warga yang membawa tumpeng berikut ingkung ayam jawa, dan aneka jajan pasar. Sesampai di situs, kepala desa dan sesepuh desa mengambil air suci dari sumber air yang berada di komplek situs. Ritual ditandai dengan doa bersama yang dipimpin pemuka agama dan dilanjutkan makan bersama dan pementasan kesenian tradisional. Dalam rangkaian upacara adat juga digelar  pementasan wayang kulit selama 3 malam berturut-turut.
     Kades Purbosari Sofiudin Ansori mengatakan ritual sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat terutama hasil panen dari bercocok tanam. Tradisi sadranan akan terus dilestarikan di masa-masa mendatang sebagai warisan budaya dari nenek moyang. Diutarakan, melalui penyelenggaraan ritual sadranan  selain dimanfaatkan untuk  doa bersama  dan ungkapan syukur, juga sekaligus sebagai wahana mempererat tali silaturahmi persaudaraan sesama warga.
     Dikatakan ritual sengaja di situs Liyangan karena di situs ini adalah cikal bakal warga desa yang dibuktikan dengan adanya berbagai peninggalan bersejarah seperti candi, alat pertanian, arca, dan sisa-sisa tempat tinggal. Situs ini bukti kejayaan nenek moyang. Nilai positif dari sadranan yakni untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama warga sehingga akan terwujud kebersamaan dan harmonisasi dalam kehidupan. Pemerintah kelurahan sangat apresiasi dan mendukung sadranan dilestarikan sebagai budaya adi luhung, tandasnya. (Hms14/Edy Laks)

Berita Terkait