Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BUPATI MEMBINA BUMD AGAR MENINGKAT KUALITASNYA

Jumat, 05 Desember 2014 Bencana
TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno mengadakan  pembinaan kepada sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kranggan  Selasa (2/12). Pembinaan bertujuan untuk lebih memberdayakan BUMD agar bertambah maju dan berkembang serta menghasilkan pendapatan yang banyak bagi pemasukan kas daerah.
     Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengikuti pembinaan bupati yaitu Pikatan Water Park, PD BPR BKK, PDAM, PD Aneka Usaha, Bank Jateng, PD Bank Pasar, Apotik Waringin Mulyo dan BKK Pringsurat. Dalam pembinaan tersebut bupati didampingi Asisten Ekbang dan Kesra Suyono dan pejabat terkait serta diikuti jajaran pimpinan masing-masing BUMD.
     Bupati Bambang Sukarno mengatakan pembinaan bertujuan untuk memotivasi kepada BUMD agar meningkat kinerjanya sehingga lebih maju, berkembang dan provit guna mendukung pendapatan daerah. Oleh karena itu, kepada BUMD agar terus berinovasi supaya usaha yang dijalankan lebih berkembang dan sanggup bersaing agar tetap survive berdaya guna dan berhasil guna.   
     Diuatarakan BUMD sebagai badan usaha milik pemerintah daerah tentu saja terikat dengan regulasi birokrasi yang mengaturnya, disi lain BUMD juga berorientasi profit sesuai dengan tujuan pembentukan korporasi pada umumnya. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi segenap stakeholder BUMD, bagaimana memadukan dua kultur ini menjadi sebuah kesatuan kultur yang positif untuk mendukung pengelolaan dan keberlanjutan BUMD.
     “Untuk itu direktur BUMD harus dapat melakukan kepemimpinan dengan membentuk teamwork yang kuat dalam kebersamaan, tidak merasa  dirinya  one man show dalam menjalankan perusahaan. Selain itu memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya serta terus berinovasi meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha,” ujarnya.
     Untuk mencapai kondisi BUMD yang berciri korporasi professional, maka  seorang direktur mampu mengorganisir dan membagi tugas dengan baik dalam melaksanakan rencana perusahaan sehingga terjalin teamwork yang kuat. Selain itu mengontrol progress kinerja perusahaan secara berkala dan melakukan inovasi-inovasi dalam peningkatan kualitas pelayanan.
     Sedang kepada jajaran badan pengawas, bupati mengharapkan dapat meningkatkan kinerja pengawasan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan jajaran manajemen guna mengetahui perkembangan perusahaan. Disamping itu secara proaktif meningkatkan koordinasi dengan tim pembinaan BUMD manakala diperlukan adanya pengambilan kebijakan perusahaan yang memerlukan kajian atau pertimbangan khusus.
     Asisten Ekbang dan Kesra Suyono mengatakan pembinaan oleh bupati bertujuan untuk meningkatkan kemampuan BUMN dan BUMD dalam pengelolaan perusahaan yang baik serta untuk mendukung tujuan perusahaan dalam meningkatkan kemampuan memberikan pelayanan kepada pelanggan serta dalam memperoleh laba yang optimal.
     Oleh karena itu, untuk dapat mengoptimalkan perannya dan mampu mempertahankan keberadaannya dalam perkembangan ekonomi dunia yang semakin terbuka dan kompetitif di BUMD, perlu menumbuhkan budaya profesionalisme antara lain melalui pembinaan pengurusan dan pengawasannya yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip tata-kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). (Hms14/Edy laks)

Berita Terkait