Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANTISIPASI NARKOBA, BNN TES URINE DI SEKOLAH

Jumat, 19 Desember 2014 Pendidikan
TEMANGGUNG, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, siap melakukan tes urine kepada para siswa di sejumlah sekolah guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar.
     "Ke depan bukan hanya kantor atau lembaga yang menjadi sasaran kami, tetapi juga di lingkungan sekolah untuk mengantisipasi penyalahgunaan obat terlarang termasuk minuman keras di kalangan pelajar," kata Kepala BNN Temanggung, Istantiono, di Temanggung.
     Sebelumnya, BNN Kabupaten Temanggung telah melakukan tes urine pada para pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri Temanggung. Ia mengatakan tes urine di sekolah bukan hanya pada pelajar laki-laki saja yang menjadi target, tetapi juga perempuan.
     Ia menuturkan tingkat konsumsi minuman keras dan narkotika di Temanggung cukup mengkhawatirkan, termasuk di kalangan remaja sebagai penerus generasi bangsa.
     "Langkah ini akan kami tempuh secara merata ke berbagai sekolah yang ada. Kami merasa saat ini sudah banyak pemakai obat terlarang dan minuman keras yang berasal dari kalangan pelajar, baik SLTP maupun SLTA," katanya.
     Menurut dia rencana BNN tersebut saat ini masih dalam tahap menunggu kerja sama dengan institusi sekolah yang bersangkutan. "Kami harus komunikasi dengan sekolah terkait. Jadi, tidak bisa kami langsung melakukan tes urine ke sekolah-sekolah tanpa koordinasi lebih dulu," katanya.
     Kaur Pembinaan dan Operasional Satuan Narkoba Polres Temanggung, Iptu Rusilin mengatakan kasus penyalahgunaan narkotika cukup tinggi. Hingga akhir Oktober 2014 polisi telah menangani sebanyak 12 kasus narkoba dengan 14 tersangka yang berhasil diamankan.
     "Para tersangka yang ditahan antara lain tersangkut masalah ganja dan sabu-sabu. Selain itu akhir-akhir ini di Temanggung juga marak peredaran minuman keras jenis ciu," katanya. (Hms14/Paul).

Berita Terkait