Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MASYARAKAT DIMINTA WASPADAI GERAKAN TANAH

Kamis, 05 Pebruari 2015 Bencana
TEMANGGUNG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung meminta warga masyarakat untuk mewaspadai gerakan tanah yang bisa memicu terjadinya bencana longsor di Desa Bonjor Kecamatan Tretep, Desa Getas Kecamatan Kaloran dan Desa Karangwuni Desa Pringsurat, karena terdapat rekahan tanah.
     Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Agus Widodo Selasa (3/2) mengatakan BPBD terus awasi pergerakan tanah, setiap ada penambahan rekahan, warga diminta untuk segera menutupnya dengan tanah liat agar air tidak masuk ke dalamnya. Rekahan tanah ujarnya jika kemasukkan air, bisa menyebabkan longsor, oleh karena itu diminta agar warga segera menutupnya dengan tanah liat.
     Dikemukakan dalam beberapa minggu terakhir tidak ada penambahan rekahan di tiga daerah tersebut. Ini dimungkinkan karena curah hujan masih rendah. Untuk itu warga dan petugas yang berjaga diminta meningkatkan kesiagaan sebab berdasar ramalan cuaca pada akhir Januari dan awal Februari curah hujan ekstrim. “Kewaspadaan mutlak dilakukan sebagai langkah antisipasai bila sewaktu-waktu terjadi bencana  warga sudah siap mengamankan diri,“ ujarnya. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait