Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WASPADAI TANAH AMBLES

Rabu, 18 Pebruari 2015 Bencana
TEMANGGUNG, Warga masayarakat diminta untuk terus mewaspadai gerakan tanah ambles yang terjadi di Dusun Dopokan Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, pasalnya  mengancam sekitar 15 rumah warga yang berada di sekitar lokasi.
     Kaur Kesra Desa Tlogopucang, Muslih (45), Senin (15/2) kemarin mengatakan, tanah milik Sukaeri (52), warga setempat tiba-tiba ambles sejak Jumat lalu. Semula tanah ambles itu kecil, namun terus bertambah hingga Minggu kemarin tanah yang ambles sekitar 1,5 meter dengan panjang 30 meter. Tanah bergerak juga membuat rumah Tasroni (50) retak-retak. Selain ambles, katanya, tanah di sekitar tersebut juga mengalami retak-retak hingga 40 meter dengan kedalam yang cukup beberapa meter. Akibatnya, mengancam rumah yang berada di atas maupun bawah tebing setinggi lebih dari 30 meter tersebut.
     Menurut Kadus Dopokan, Imbub (45), diantara rumah warga yang terancam terkena longsoran tersebut adalah rumah milik Juariyah (75), Alifah (40), Bejo Susanto (35), Tasroni (50) dan Sulasih (43). Warga tersebut tinggal di RT 6 Dusun Dopokan. Sedangkan rumah milik Kasman (50), Mukisin (36), Tukiyar (48), Ngabedi (50), Mukana (60), Samain (55) serta Ngali (75). Tanah ambles yang terjadi membuat warga  khawatir bila terjadi tanah longsor, sehingga terpaksa begadang bila malam hari. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait