Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KOMUNITAS PECINTA BATU AKIK DAN BATU MULIA TEMANGGUNG

Senin, 23 Pebruari 2015 Umum
TEMANGGUNG, Menjamurnya batu akik menjadi fenomena unik di masyarakat tidak hanya orang  tua namun kawula muda sekarangpun bangga  memakai batu bercorak khas. Untuk mewadahi para penggemar, kolektor dan pengrajin telah dibentuk komunitas pecinta  batu akik dan mulia (KPBAM) Temanggung.  Struktur kepengurusan KPBAM  terdiri Ketua Hardi, Sekretaris  Roni dan bendahara Anggono.
     Eksistensi serta poerdagangan batu akik dan batu mulia di Temanggung sebenarnya adasejak lama, hal itu terbukti terus meningkatnya jumlah penggemar, kolektor serta pengrajin. Hanya saja meraka masih berjalan sendiri-sendiri maka sepakat membentuk wadah  komunitas ini supaya ada jalinan komunikasi, Kata Ketua KPBAM Hardi Senin (23/2) sembari menambahkan Sekretariat KPBAM di Gudang Wedang Caf sebelah timur pendopo Pengayoman. Bagi yang ingin bergabung disilahkan untuk datang di Sekretariat dengan kontak Person (CP) Anggono 085879977752.
     Salah seorang pengurus KPBAM Witarso mengatakan dibentuknya komunitas bertujuan menghimpun serta meningkatkan tali silaturakhmi antar penggemar, kolektor serta perajin batu akik dan batu mulia. Dengan harapan kedepan bisa menjalin komunikasi dan kerjasama agar kesejahteraan anggota meningkat sekaligus bisa berperan aktif menunjang program Pemerintah Kabupaten Temanggung dibidang ekonomi kreatif. Organisasi ini lanjutnya bersifat terbuka bagi siapa saja warga masyarakat  untuk bergabung  sepanjang  memiliki visi dan misi  yang sejalan dengan KPBAM Temanggung.
     Batu akik memiliki jenis dan model serta bentuk  yang harganya fantastis mencapai jutaan rupiah karena proses membentuknya lama. Kondisi geografis Temanggung  yang banyak pegunungan dan hutan serta sungai potensi batu alam sangat menjanjikan. Hingga kini sudah ditemukan Jenis batu blimbing, kecubung, kapas  dan giok  dan Janis batu  lainnya,  ujarnya. (Hms15/Edy Laks).

Berita Terkait