Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PATUNG DEWA AKAN DIKIRABKAN KELILING KOTA PARAKAN

Selasa, 03 Maret 2015 Umum
TEMANGGUNG, Menjelang perayaan Cap Go Meh, kalangan warga Tionghoa membersihkan altar Kelenteng Cahaya Sakti Temanggung. Sebab, semua perkakas termasuk patung dewa akan dikirabkan keliling kota Parakan.
     Ketua Kelenteng Cahaya Sakti (Kong Lim Bio) Temanggung, Edwin Nugraha, Senin (02/03) mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun 2015 ini tak hanya melibatkan Kelenteng Cahaya Sakti saja, melainkan bergabung pula berbagai Kelenteng dari luar Temanggung, yakni Kelenteng Hok Tek Tong Parakan dan Gunung Kalong dari Ungaran, Semarang.
     Edwin menjelaskan, tidak hanya dewa yang berada di Kelenteng Cahaya Sakti seperti Dewa Bumi, Dewa Kwam Im dan Dewa Kwan Kong saja, melainkan akan dikirabkan pula dewa-dewa dari Kelenteng Parakan dan Ungaran. "Kami memang melibatkan berbagai Kelenteng dalam menutup hari raya Imlek ini," jelasnya lagi.
     Dia menambahkan sebelum kirab pada Kamis (05/03) mendatang akan membagikan angpau bagi warga miskin pada Rabu (04/03). Dilanjutkan sembahyang bersama pada malam harinya dan diakhiri pentas seni. (Hms15/Paul)

Berita Terkait