Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GALEH BANJIR BERKAH BAGI PENCARI IKAN

Selasa, 03 Maret 2015 Umum
TEMANGGUNG, Banjir  besar  yang terjadi di sungai galeh  Minggu kemarin (1/3) memberikan berkah tersendiri bagi pencari ikan.  Ikan berbagai jenis yang terbawa arus banjir dengan mudah ditangkap menggunakan jaring seser. Ikan hasil tangkapan selain untuk keperluan lauk sendiri juga dijual untuk tambahan penghasilan.
     Hal itu sebagaimana yang dilakukan para pencari ikan  di Parakan Minggu sore kemarin ramai-ramai  mencari ikan dikala galeh banjir besar disepanjang tepian sungai. Pencari ikan tidak hanya kalangan orang dewasa tetapi juga anak-anak dengan menggunakan  peralatan jarring seser. Ikan yang ditemukan kebanyakan  jenis ikan 'kekel' (semacam lele berukuran kecil).
     Sartono (40) salah seoarang pencari ikan menuturkan begitu mendengar suara gemuruh  sebagai tanda sungai galeh banjir dirinya langsung mengambil jaring seser untuk menangkap ikan yang terbawa arus banjir. setelah sekitar 1 jam mencari ikan  bisa mendapatkan sekitar 2 kg ikan jenis kekel, bokor dan kutes. Ikan hasil tangkapan selain untuk keperluan lauk sendiri, sisanya dijual kepada tetangga yang 1 kg laku  Rp.20.000.
     Pencari ikan lain  Yanto (20) menuturkan ikan tersebut terjepit di bebatuan. Ia tak khawatir terseret air derasnya banjir, karena tidak sampai ditengah sungai. Meski demikian, tetap mewaspadai arus sungai sebab dikhawatirkan tiba-tiba membesar. Seperti diketahui, meski di bagian hilir (kawasan bawah) tidak diguyur hujan deras namun banjir ini cukup besar dibandingkan beberapa hari lalu, karena hujan deras di bagian hulu. Kondisi cuaca yang demikian ini seringkali terjadi di Sungai Galeh, sehingga membahayakan bagi masyarakat yang berada dibagian bawah. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait