Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SOSIALISASI TANAM TEMBAKAU 2015

Kamis, 05 Maret 2015 Bencana
TEMANGGUNG, Tembakau Temanggung merupakan tembakau terbaik sedunia karena memiliki keunggulan lebih dibanding tembakau dari daerah lain yakni kandungan nikotin yang tinggi sehingga memberikan citarasa dan aroma yang khas serta harganya mahal. Oleh karena itu, menyongsong musim tanam tahun 2015 ini, petani diminta mempersiapkan sebaik-baiknya dengan menjaga kualitas agar panen sukses dibeli pabrikan sehingga menikmati keuntungan.
     Hal itu dikemukakan, Wakil Bupati Irawan Prasetyadi pada acara sosialisasi  rencana tanam tembakau musim tanam tahun 2015 di Pendopo Pengayoman Rabu (4/3). Hadir dalam acara tersebut pejabat FKPD, Pimpinan  DPRD  dan pejabat terkait serta diikuti perwakilan petani dan stake holder pertembakauan.
     Menurutnya, tembakau Temanggung selama ini dikenal sebagai tembakau lauk  yang memiliki keunggulan dibanding tembakau luar daerah. Oleh karena itu guna mempertahankan kualitas supaya nilai jualnya tinggi, diminta petani menjaga kemurnian. Diutarakan, budidaya tembakau sampai saat ini masih menjadi andalan pendapatan petani dan memberikan  dampak bagi pergerakan perekonomian daerah. Agar usaha pertembakauan bisa berjalan efektif dan efisien maka petani sudah selayaknya menjaga mutu tidak mencampur dengan tembakau impor.
     “Berdasakan adanya kepastian kuota pembelian dari sejumlah pabrik rokok  seperti Gudang Garam dan Djarum tersebut, kita optimis  produksi panen tembakau Temanggung tahun 2015 bakal terbeli,“ tandasnya seraya meminta petani menjaga kemurnian tembakau dengan menanam  tembakau berkualitas seperti varietas kemloko.
     Wakil Ketua DPRD Agus Mafsudin mengatakan selama ini pihaknya telah berusaha mengadakan pendekatan ke sejumlah pabrik rokok untuk  selalu menambah kuota pembelian. Dengan demikian tembakau yang dihasilkan petani bisa terserap sehingga petani sejahtera. Terkait hal itu diminta kepada petani dalam usahanya mengedepankan  kualitas dengan menanam  bibit tembakau asli temanggung varitas kemloko 3 hasil produk Balitas malang yang lebih tahan terhadap penyakit teller.         
     Kepala bidang perkebunan  Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Temanggung, Untung Prabowo   mengatakan, luas tanaman tembakau Tahun 2015 diperkirakan mencapai 13.500 hektar, produksi  9.450 ton  dengan tingkat produksi per hektarnya 0,7 ton. Luasan tersebut tersebar  di 14 kecamatan sentra tembakau meliputi Parakan, Candiroto, Ngadirejo, Tembarak, Kedu, Kledung, Wonoboyo dan Tretep. Selain itu juga di Kecamatan  Bulu, Bansari, Temanggung, Selopampang, Tlogomulyo dan Jumo. Diutarakan untuk menjaga dan mempertahankan kemurnian tembakau Temanggung pihaknya  sudah menyiapkan   bibit varitetas kemloko 1, 2, 3 dan sindoro. Bibit tersebut  pada musim tanam tahun 2015 ini  diproduksi  cukup banyak yang disiapkan untuk membantu kebutuhan benih bagi petani secara gratis. Direncanakan pada tahun -tahun mendatang bakal ditingkatkan  menjadi lebih banyak lagi  supaya stoknya lebih banyak guna mencukupi kebutuhan petani.
     “Produksi  tembakau rajangan pada musim panen 2013 diperkirakan mencapai 9.450 ton.Sedang kuota pembelian dari pabrik rokok diperkirakan lebih 12.000 ton sehingga optimis seluruh produksi bakal  terserap oleh pabrik karena masih dibawah kuota yang diminta,“ ujarnya. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait