Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SEMINAR PARENTING SD MUHAMMADIYAH

Senin, 09 Maret 2015 Pendidikan
TEMANGGUNG, Guna mendorong peran orang tua dalam memaksimalkan potensi anak, SD Muhammadiyah Kabupaten Temanggung menggelar seminar parenting di Pendopo Pengayoman, Sabtu kemarin (07/03). Seminar diikuti para orang tua murid menghadirkan pembicara Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, H Said Jan MSi.
     Kepala SD Muhammadiyah Temanggung, Taufan Sugianto dikantornya Senin (9/3) mengatakan seminar bertujuan untuk menggugah kesadaran orang tua bahwa peran mereka sangat menentukan dalam tumbuh kembang anak. Dengan begitu sekolah bukanlah satu-satunya lembaga untuk mencetak generasi penerus yang diharapkan orang tua.
     Pembicara H Said Jan MSi mengatakan ada kecenderungan tingkat baca murid menurun baik di Indonesia maupun di negara maju semacam Jepang. Oleh karena itu orang tua perlu mengarahkan anak, termasuk dalam menyediakan bahan bacaan agar menjadi anak yang berakhlak mulia dan cerdas dalam ilmu pengetahuan. Dengan demikian anak bisa tumbuh dan berkembang secara positif, kreatif dan inovatif sehingga kelak  dapat meraih sukses dalam meniti kehidupan.
     Sedang Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Surip Iriyanto MPd mengatakan orang tua berperan vital dalam mengawasi tumbuh kembang anak. Dengan pengawasan yang mendidik, terarah dan didasarkan moralitas, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang maju, inovatif, kompetitif dan bermoral. Selain itu orang tua juga harus mengawasi penggunaan teknologi yang dipakai anak, seperti telephon ganggam, tablet dan sejenisnya agar tidak disalahgunakan. Pasalnya bila salah dalam penerapannya justru dapat menjerumuskan anak. (Hms15/Edy laks)

Berita Terkait