Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BIRO JASA PERCEPAT LAYANAN

Jumat, 27 Maret 2015 Umum
TEMANGGUNG, Keberadaan biro jasa pengurusan perpanjangan STNK untuk mempercepat pelayanan agar lebih prima, bukan sebaliknya menjadi penghambat. Dalam bekerja biro jasa juga harus antre tidak saling menyerobot untuk mendapatkan yang dahulu dan paling cepat.
     Hal itu   dikatakan Kepala UP3AD (Samsat) Temanggung As'arie  dikantornya Selasa (24/3)  menyusul telah terbentuknya berdirinya paguyuban biro jasa “Manunggal”  penyedia jasa pengurusan  perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Paguyuban beranggotakan 21 orang penyedia jasa dan merupakan yang pertama dari 65 Samsat yang ada di Jateng. Dikatakan, UP3AD dan Polres Temanggung melakukan pendataan mereka yang bekerja sebagai biro jasa, lantas mendorongnya membentuk paguyuban resmi. Di paguyuban ini mereka mendapat pembinaan, antara lain dibidang hukum, bisnis dan pelayanan masyarakat.
     “Setelah terbentuk paguyuban resmi diharapkan bekerja dengan tertib. Tidak ada lagi laporan dari masyarakat karena merasa dirugikan dengan keberadaannya biro jasa. Biro jasa juga dilarang menghalang-halangi apalagi mengancam warga yang ingin mengurus sendiri” ujarnya.
     Diungkapkan izin resmi biro jasa dikeluarkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Unit Pelayanan Terpadu dalam lingkup kabupaten, dengan persyaratan penertiban izin usaha biro jasa dikoordinasikan dengan pemkab. Selain ada surat izin resmi, juga ada kejelasan tarif jasa pembayaran pajak, yakni Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 15.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.(Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait