Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENGHARGAAN ADIWIYATA NASIONAL

Jumat, 27 Maret 2015 Pendidikan
TEMANGGUNG, Wakil Bupati Irawan Prasetyadi menyerahkan  tropi  Adiwiyata Nasional kepada 7 tujuh sekolah yang berhasil keluar sebagai juara  lomba Adiwiyata tingkat nasional tahun 2014. Pemberian penghargaan  berlangsung di aula SMP Negeri 6 Temanggung  Rabu kemarin (26/3) yang diterimakan kepada kepala sekolah masing-masing disaksikan  pejabat terkait.
     Sekolah tersebut meliputi  SMP 1 Temanggung, SMP 2 Temanggung, SMP 6 Temanggung, SD Al Kautsar Temanggung, SMA 1 Candiroto, SMK Tembarak dan SMA 1 Temanggung. Lomba Adiwiyata merupakan program Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah, dalam bidang pelestarian lingkungan hidup.
     Wakil Bupati  Irawan Prasetyadi dalam sambutannya  menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan 7 sekolah mendapat  penghargaan dari pemerintah  berupa tropi Adiwiyata nasional. Dengan diperolehnya penghargaan tersebut diharapkan akan lebih memacu semangat dalam mewujudkan sekolah  berwawasan lingkungan yang bersih, sehat, indah dan asri. Dengan demikian  bisa menjadi penyangga   kabupaten Temanggung dalam lomba Adipura.
     “Keberhasilan 7 sekolah mendapat  penghargaan  Adiwiyata Nasional hendaknya bisa menjadi inspirasi sekolah-sekolah lain  untuk mewujudkan tata kelola  lingkungan sekolah  yang sejuk, bersih dan sehat“ pintanya
     Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Temanggung, Adi Nurtantio, mengatakan, ketujuh sekolah yang mendapat  penghargaan  Adiwiyata Nasional, sebelumnya telah menjalani seleksi administrasi oleh tim pusat. Sebelum maju ke tingkat nasional ketujuh sekolah tersebut telah mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi Jateng. Hasilnya cukup mnggembirakan, karena perolehan nilai mereka di atas 72, sehingga memenuhi salah satu syarat untuk lolos ikut dalam lomba di tingkat nasional. Dalam penyelenggaraan lomba Adiwiyata selama ini, telah dua sekolahan dari Kabupaten Temanggung yang memperoleh tropi Adiwiyata nasional, yakni SMA 2 Temanggung dan SMK 1 Temanggung. Bahkan, keduanya telah meraih Adiwiyata Mandiri dari Kementrian Lingkungan Hidup karena mampu meraih nilai melebihi kriteria penilaian.
     “7 Sekolah yang mendapat tropi Adiwiyata  kita beri kesempatan untuk menyampaikan paparan  tentang  program  kerja dibidang penataan lingkungan sekolah“ katanya.
     Seusai pemaparan  dilanjutkan  workshop   Adiwiyata  dengan nara sumber Hardono dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah  dan  Kukuh Santoso dari Universitas Negeri Semarang.(Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait