Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

CEGAH ISIS DI TEMANGGUNG

Jumat, 10 April 2015 Umum
TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung meminta warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan  terhadap faham radikal Islam State of Irak Suriah  (ISIS) maupun gerakan terorisme. Dengan demikian jangan sampai ada  warga yang terlibat  demi terjaganya kondusifitas daerah.
     Kepala Seksi Politik dan Kewaspadaan Nasional Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten  Temanggung, Sri Widada,S.Sos, MM dikantornya jum’at (10/4) mengatakan pihaknya  sudah melakukan 7 langkah sebagai upaya pencegahan  munculnya gerakan ISIS maupun terorisme supaya tidak berkembang di Temanggung. 7 langkah tersebut meliputi penguatan  pembinaan  kebangsaan menyangkut aspek Idiologi,politik,sosial  budaya,ekonomi maupun masalah keamanan kepada  masyarakat . Memaksimalkan  Komunitas Inteljen Daerah (Kominda), dan wadah  Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FDM)  juga FPBI dan setiap Tri Wulan mengadakan  Rakor Kewaspadaan dini dan Antisipasi Konflik dan pentingnya Stabilitas Daerah yang diikuti jajaran Muspika dan FKPD beserta jajaran Kominda.
     Selain itu melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat yang dinilai mempunyai rawan konflik atau berpotensi  pengembangan  faham /aliran tertentu .dengan menanamkan nilai nilai Idiologi Pancasila  dan pentingnya sosialisasi Amandemen UUD 1945 ,Bhineka Tunggal Ika, NKRI harga matidan penanaman Bela Negara . Pada tahun 2015 ini lanjutnya 10 Kecamatan kita jadikan sasaran pembinaan  tentang Manajemen Konflik dan antisipasi kerawanan Sosial dengan materi Pentingnya Supremasi Hukum dan Ham , Dinamika Sosial politik Dalam Negeri, Strategi Kewaspadaan Nasional Terkait Bahaya laten Komunisme dan Radikalisme ISIS dengan sasaran peserta para Kepala Desa, BPD, Toga, Toma, Toda dan Tobud.
     “Kita juga mengadakan kegiatan Sarasehan  Lintas Ormas,Lsm, Pengusaha, Pelajar dan mahasiswa  serta Pengurus Partai Politik Bersama Pimpinan Daerah guna membangun komunikasi dan Penguatan Hubungan Kelembagaan dengan Nara sumber Bupati ,Ketua DPRD dan Akademisi. Hal itu bertujuan  membangun Temanggung yang lebih baik” ujarnya.
     Upaya lain yang ditempuh yakni melakukan koordinasi, komunikasi dan kunsultasi ke Pemerintah Provinsi  melalui Badan Kesbangpol Prov Jateng maupun kerja sama dengan Kab/Kota tetangga  utamanya  terkait  membangun jaringan informasi  inteljen Daerah guna antisipasi gerakan  radikalisme  ataupun gerakan yang membahayakan bagi kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Ia menambahkan  agar upaya  pencegahan   faham ISIS dan terorisme  berjalan efektif, melibatkan Kejaksaan Negeri, Polres, Kominda, Kodim 0706 dan Akademisi serta  kerja sama dengan jajaran Muspika.
     “Kesbangpol  mengajak kepada semua komponen masyarakat  untuk membangun tanggungjawab bersama  menjaga stabilitas  daerah dan terus berupaya mencegah jangan sampai warga Temanggung terlibat Gerakan Isis maupun Gerakan Terorisme ,kita harus mempunyai  rasa Kebangsaan /nasionalisme yang kuat  namun  memiliki cakrawala pandang internasionalisme  di era otonomi daerah“ ajaknya.(hms15/Edy Laks) 

Berita Terkait