Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UN ONLINE SIAP DILAKSANAKAN

Senin, 13 April 2015 Pendidikan
TEMANGGUNG, Ujian Nasional online atau Computer Bassist Test (CBT) di Kabupaten Temanggung siap dilaksanakan  di 5 Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK)  yang ditunjuk sebagai penyelenggara.  Sarana dan prasarana  yang dibutuhkan utamanya  perangkat komputer  dan jaringan siap dioperasikan.    
     Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Ujiono  dikantornya Kamis (8/4) mengatakan,  berdasarkan uji coba Ujian Nasional online atau Computer Bassist Test (CBT) bebarapa waktu lalu  setelah dievaluasi  secara  umum berjalan lancar  tanpa kendala yang berarti . Dengan demikian Ujian Nasional model online tersebut siap dilaksanakan pada 13-16 April 2015 mendatang. Sarana dan prasarana  yang diperlukan utamanya perangkat komputer berikut jaringannya  yang tersambung ke panitia  pusat  dirasakan  sudah cukup siap untuk dioperasikan.
     Dikemukakan  ada  5  Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK)  yang  siap menyelengarakan Ujian Nasional online atau Computer Bassist Test (CBT). Kelima SMK tersebut yakni  SMK Negeri 1 dan SMK negeri 2 Temanggung,  SMK Tembarak, SMK Swadaya  dan SMK 17 Temanggung.  Materi ujian meliputi  bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan Ujian Nasional Teori Kejuruan (UN TK). Tiap hari sesuai jadwal  pelaksanaan ujian dibagi menjadi  3 sesi, hal itu  didasarkan pada  kapasitas tempat dan perangkat komputer di masing-masing sekolah. 
     Guna menunjang  kelancaran  pelaksanaannya kita sudah mendapat jaminan dari PLN bahwa pada  tanggal pelaksanaan Ujian Nasional tidak ada pemadaman listrik. Namun demikian masing-masing  sekolah disarankan menyiapkan genset sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi  gangguan listrik padam karena faktor alam misalnya hujan dan angin ujarnya.
     Diutarakan   pada hari dan tanggal yang sama  selain di 5 SMK  tersebut, juga dilangsungkan Ujian Nasional  model biasa  atau manual di  18 SMK lain   yang tidak  menggunakan metode  Ujian Nasional secara on line dari total 23  SMK se Kabupaten Temanggung. Sedang untuk ujian nasional tingkat SMA/MA bakal dilaksanakan  tanggal 13 -15 April 2015  di 27   sekolah. Materi pelajaran yang diujikan meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan matematika.  Jumlah peserta seluruhnya untuk  SMK  3726 siswa dan untuk SMA/MA 2498 siswa.
     Materi  naskah soal ujian  kita ambil dari Kudus, dijadwalkan Sabtu  (11/4 )  jam 7 pagi  sudah sampai di Temanggung  selanjutnya dibongkar  dan disimpan di gudang  penyimpanan. Untuk  SMK  disimpan di SMK Negeri 2 Temanggung dan untuk SMA/MA disimpan di SMA Negeri 1 Temanggung, tandasnya sembari menambahkan untuk pengamanan pengambilan naskah ujian melibatkan aparat keamanan dari Polres Temanggung.(Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait