Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ANGGARAN MENDAHULUI

Selasa, 05 Mei 2009 Pemerintahan
Anggaran 1,049 Miliar Mendahului Perubahan APBD 2009 Disetujui Dewan

Temanggung- DPRD Kabupaten Temanggung akhirnya memberikan persetujuan  mengenai penganggaran  mendahului Perda tentang Perubahan APBD Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2009 yang diajukan Bupati  beberapa waktu lalu. Jumlah anggaran yang disetujui sebesar Rp.1,049 miliar’    Persetujuan itu diputuskan    setelah laporan Panitia Anggaran diterima dan disetujui  semua fraksi  dalam rapat paripurna Senin  kemarin ( 4/5) di ruang rapat DPRD Temanggung . Rapat dipimpin Wakil Ketua Dewan Drs. Tunggul Purnomo  didampingi wakil ketua, dihadiri  Bupati, Muspida dan Pimpinan SKPD serta diikuti segenap anggota Dewan
    Pelapor Panitia Anggaran Erda Wahyudi, SH  menjelaskan ,  setelah melalui pembahasan  yang dilakukan secara intensif bersama ekskutif akhirnya  memutuskan menyetujui permohonan penganggaran  mendahului  Perda  tentang Perubahan APBD Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2009 yang diajukan Bupati  beberap waktu lalu. Besaran  anggaran yang disetujui  Rp.1,049 miliar. Keputusan tersebut diambil berdasarkan musyawarah dan permufakatan Pimpinan dan para anggota Panitia anggaran DPRD beserta Tim Anggaran Pemerintah Daerah dalam rapat marathon mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 2009 lalu.
Diutarakan, anggaran sebesar Rp.1,049 miliar sesuai usulan yang diajukan ekskutif akan dimanfaatkan untuk membiayai berbagai kegiatan di sejumlah SKPD . Kegiatan tersebut berupa  advokasi hukum Rp.100 juta , kompensasi Sekretaris Desa yang tidak diangkat menjadi PNS Rp.166 juta, tunjangan pengabdian bagi Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya sebesar Rp.20 juta. Selain itu juga akan digunakan  untuk membayar tunjangan pengabdian bagi Perangkat Desa  yang berakhir masa jabatannya  Rp.510 juta, bantuan pengisian Kepala Desa Rp.92,5 juta , bantuan pengangkatan Perangkat Desa Rp.127,5 juta  dan untuk lomba  Olympiade Sain Nasional  dan Olympiade Olah Raga Siswa Nasional Rp.33, 3 juta .
“ Panitia Anggaran menyetujui tambahan kegiatan penganggaran mendahului  penetapan Perda tentang Perubahan APBD  Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2009 sebesar Rp.1,049 miliar. Diharapkan  anggaran tersebut digunakan sebaik-baiknya sesuai  ketentuan sehingga berdaya guna dan berhasil guna” ujarnya  
    Sementara itu 5 Fraksi Dewan  yakni  F PDIP, FPG, FAN, FKB, FPP DAN F PKS-PD  dalam pendapat akhirnya   memberikan persetujuan  terhadap laporan Panitia Anggaran  untuk ditetapkan menjadi Keputusan DPRD. Berdasarkan hal itu , pimpinan rapat Drs. Tunggul Purnomo akhirnya memutuskan bahwa dewan dapat menerima dan menyetujui laporan panitia anggaran menjadi keputusan DPRD Temanggung .
    Sedang Bupati Drs. Hasyim Afandi  dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi  kepada DPRD  yang telah menyetujui penganggaran  mendahului Perda tentang Perubahan APBD Kabupaten Temanggung tahun anggaran 2009 sebesar Rp.1,049 miliar . Anggaran itu akan dimanfaatkan  sebaiknya-baiknya guna membiayai berbagai kegiatan di beberapa SKPD, diantaranya untuk advokasi hukum, kompensasi Sekretaris Desa yang tidak diangkat menjadi PNS, tunjangan pengabdian bagi Kepala Desa dan  Perangkat Desa  yang berakhir masa jabatannya. Disamping itu untuk , bantuan pengisian Kepala Desa dan  pengangkatan Perangkat Desa serta lomba  Olympiade Sain Nasional  dan Olympiade Olah Raga Siswa Nasional. (/Edy Laks)

Berita Terkait