Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SISWA TK “ ABA” I MUJAHIDIN IKUTI OUTBOND

Rabu, 06 Mei 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Para siswa –siswi murid Taman Kanak-Kanak “ABA“ I Mujahidin  Giyanti Temanggung mengikuti acara outbond bagi murid TKdi Desa Kalibanger Kecamatan Gemawang akhir pecan lalu. Acara tersebut bertujuan menumbuhkan sikap kepemimpinan dan keberanian dalam mengambil keputusan serta mencintai lingkungan.  
     Kepala TK ABA I Mujahidin Sutarmi, Spd didampingi guru pendamping Ambar mengatakan, kegiatan out bond diikuti  80 murid. Materi outbond meliputi permainan flaying fox, game dan simulasi bencana. Diungkapkan bahwa sejak awal TK ABA I Mujahidin  sudah fokus terhadap kegiatan yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam mengasah kepemimpinan anak, melatih kepercayaan diri, keberanian, serta mampu beradaptasi dengan teman dan tentunya lingkungan.
     Menurutnya kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri. Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang.
     “Pengalaman itu mulai dari pembentukan kelompok. Kemudian setiap kelompok akan menghadapi bagaimana cara berkerja sama. Bersama-sama mengambil keputusan dan keberanian untuk mengambil risiko. Setiap kelompok akan meng-hadapi tantangan dalam memikul tanggung yang harus dilalui,” ujarnya.
     Diharapkan setelah mengikuti outbound anak lebih berani, percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik, terutama dengan orang tua dan teman-temannya. Outbound juga memacu kreatifitas dan kemampuan berfikir anak. Banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari permainan outbound.
     Terkait materi simulasi bencana bermanfaat untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi anak usia dini tentang terjadinya suatu bencana alam termasuk bagaimana anak-anak harus bersikap saat menghadapi terjadinya bencana alam. Dengan demikian bila sewaktu-waktu terjadi bencana, anak-nak TK tidak kaget dan tahu tindakan apa yang harus dilakukan supaya selamat. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait