Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB TEMANGGUNG PUTAR FILM HAJI OEMAR SAID (HOS) TJOKROAMINOTO.

Senin, 11 Mei 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung menyelenggarakan pemutaran film Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto di Gedung Graha Bhumi Phala Setda kab Temanggung Sabtu (9/5) untuk pelajar SLTP dan SLTA. Hadir dalam acara tersebut Bupati Bambang Sukarno dan pejabat terkait  serta disaksikan sekitar 1,500 pelajar.
     Bupati Bambang Sukarno mengatakan, pemutaran film bertujuan sebagai wahana pendidikan bagi para pelajar SLTP dan SLTA dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan sosok HOS Cokroaminoto sebagai guru bangsa. Dengan demikian para pelajar tumbuh dan berkembang menjadi sosok pelajar yang berkarakter dan berwawasan nasional.
     Produser Film HOS Cokroaminoto, Dewi Umaya Rachman, mengatakan Film dengan durasi 2,5 jam itu menceritakan Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto  merupakan seorang pengobar revolusi untuk membebaskan rakyat nusantara dengan mendirikan pemerintahan baru dengan sistem pemerintahan sendiri dan hukum dunia, yang bebas dari penjajahan kolonialisme. Pemikiran dan gagasan guru bengsa Tjokroaminoto tersebut kemudian diteruskan oleh tokoh bangsa lain seperti Agus Salim dan Soekarno. HOS Tjokroaminoto berhasil menggali dan menemukan identitas bangsa, dan perintis pergerakan untuk perjuangan menuju kemerdekaan.
     Dwi mengatakan film yang dibuat selama 2,5 tahun tersebut sarat akan filosofi dan nilai-nilai perjuangan, nasionalisme, keadilan dan kemanusian, yang dianut seorang Tjokroaminoto. Nilai-nilai itu yang diusahakan untuk disampaikan pada generasi bangsa sebab dipercaya dapat membawa pada kemajuan dan kejayaan umat manusia. Tjokroaminoto merupakan lembaran pertama dari buku perjuangan bangsa ini, setelah ini tentu akan ada banyak lagi kisah perjuangan tokoh nasional bangsa ini, sembari mengemukakan film adalah salah satu media terbaik dalam menyampaikan nilai-nilai lintas generasi. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait