Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MURID SD MELAKSANAKAN UJIAN SEKOLAH

Selasa, 19 Mei 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Bupati Bambang Sukarno memantau pelaksanaan Ujian Sekolah tahun 2015 tingkat Sekolah Dasar  Senin (18/5). SD yang ditinjau  meliputi SD Negeri 1 dan 2 Jampiroso. Pemantauan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Darmadi.
     Bupati mengatakan, pemantaun bertujuan untuk mengetahui langsung pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SD tahun 2015.  Dari 2 SD yang ditinjau, pelaksanaan ujian secara umum berjalan lancar. semua unsur penyelenggara maupun peserta  sudah mempersiapkan secara maksmimal sehingga  tidak dijumpai kendala maupun  hambatan. “Hasil akhir ujian  SD  tahun 2015 ini, nantinya akan dievaluasi  dan  diharapkan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,“ tandasnya.
     Kepala Dinas Pendidikan Darmadi  menjelaskan, ujian SD/ MI berlangsung selama 3 hari mulai Senin  hingga Rabu  mendatang tgl 18 s/d 20 Mei 2015. Mata pelajaran yang diujikan  meliputi Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Ujian Sekolah SD/MI berbeda dengan UN bagi siswa SMP/SMA. Jika Soal UN SMP/SMA dibuat 100% oleh Kemendikbud, maka untuk Ujian Sekolah SD/ MI, soalnya dibuat oleh dua pihak yaitu oleh Kemendikbud sebanyak 25 % dan sisanya sebesar 75% dibuat oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Keagamaan.
     Naskah soal Bahasa Indonesia sebanyak 50 butir Pilihan Ganda (PG) dikerjakan dalam waktu 120 menit. Matematika sebanyak 40 butir PG dikerjakan dalam waktu 120 menit dan IPA sebanyak 40 butir soal PG dikerjakan dalam waktu 120 menit. Yang harus diperhatikan oleh para siswa adalah ketika pengisian kertas jawaban. Kertas Jawaban yang dipakai pada ujian  yaitu Lembar Kertas yang dapat dipindai atau di scan oleh komputer sehingga harus lebih berhati-hati. Pengisian LJK tersebut harus menggunakan pensil 2B dan diberi tanda silang yang tebal dan hitam supaya dapat terbaca oleh alat ketika dipindai.  (Hms15/Edy Laks).

Berita Terkait