Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SMK BANSARI GELAR FESTIVAL "MEMEDI SAWAH"

Selasa, 26 Mei 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Bansari Kabupaten Temanggung, Sabtu kemarin (23/5) menyelenggarakan festival memedi sawah yang berlangsung meriah di komplek sekolah setempat.
     Festival dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Darmadi, Camat Bansari beserta Muspika dan pejabat terkait serta disaksikan ribuan warga msayarakat. Wabup mengemukakan memedi sawah hampir musnah dan masyarakat, terutama anak-anak sudah tidak mengenalnya. Padahal dahulu memedi sawah sangat banyak, selain berfungsi mengusir hama burung yang menyerang padi juga wahana ekspresi petani dalam olah seni. Bersama memedi sawah petani juga membuat bebunyian. Memedi sawah kaya makna kandungan kearifan lokal, dengan memedi sawah ini petani berkesenian.
     Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung mengatakan festival ini ramah lingkungan, mencoba mengembalikan ruh kejawaan bahwa dalam pertanian itu nenek moyang mengajarkan sangat ramah lingkungan, untuk membasmi hama tidak perlu dengan racun tetapi cukup dengan memedi sawah.
     Kepala SMKN Bansari Tri Setyobudi mengungkapkan  dengan festival memedi sawah diharapkan  peserta dapat mensyukuri anugerah Tuhan YME yang telah dikarunia kecerdasan otak yang digunakan untuk berpikir aktif dan kreatif, menciptakan karya yang kreatif. Festival bertujuan menanamkan jiwa bertani dan pelestarian seni tradisi pertanian serta memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di sekolah tersebut ada program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini, mereka cukup kreatif untuk menampilkan karya-karyanya.
     Pada festival tersebut terdapat puluhan "memedi sawah" hasil karya pelajar maupun masyarakat umum yang dilombakan. Memedi sawah merupakan replika manusia yang terbuat dari bahan bekas yang biasa dipasang petani di sawah untuk mengusir burung. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait